Bupati Sukiman Terima Bantuan Perpipaan Untuk Warga Obel-Obel

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (kiri) memegang dokumen bantuan pipa dari Pemprov NTB yang diserahkan Kalak BPBD NTB, H Ahsanul Khalik (kanan), dan disaksikan oleh Kalak BPBD Lotim, Purnama Hadi (tengah).
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (kiri) memegang dokumen bantuan pipa dari Pemprov NTB yang diserahkan Kalak BPBD NTB, H Ahsanul Khalik (kanan), dan disaksikan oleh Kalak BPBD Lotim, Purnama Hadi (tengah).

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB atas bantuan pipa sepanjang 5.760 meter bagi warga Desa Obel-Obel, Kecamatan Sambelia.

Bantuan yang diserahkan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi NTB, H Ahsanul Khalik itu diharapkan dapat membantu mengatasi persoalan air bersih warga pasca banjir Februari lalu. Pada penyerahan yang berlangsung di Kantor Desa Obel-Obel, Jumat (1/5) tersebut, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy mengingatkan pentingnya peran semua pihak mulai dari dusun.

‘’Peran semua lapisan masyarakat mutlak diperlukan, karena bantuan pipa ini untuk masyarakat luas,’’ kata Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy.

Bupati Sukiman juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat karena banyak program terutama yang bersifat fisik, termasuk dana yang berkaitan dengan aspirasi DPRD Lotim harus ditunda. Pemerintah terpaksa menunda karena dana diarahkan untuk menanggulangi wabah Covid-19.  Bupati Sukiman berjanji saat kondisi sudah kembali normal hal tersebut akan dilanjutkan.

Sementara itu, Kalak BPBD NTB, H Ahsanul Khalik dalam sambutannya mengungkapkan, bantuan ini diserahkan melalui Bupati Lotim agar bisa dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran. Ia berharap bantuan pipa ini dapat diarahkan bagi pelestarian sumber air.

Menurut Ahsanul jauh berbahaya bencana ketidaktersediaan sumber air yang dapat mengakibatkan kekeringan karena dapat merambat ke persoalan lain seperti sosial, keamanan, dan lainnya. Sarana yang diserahkan berupa pipa HDPE sepanjang lebih dari 5,7 km yang dilengkapi over sock dan penyambung pipa.

Selain Lotim, kata Kalak BPBD NTB, Kabupaten Lombok Utara (KLU) juga mendapat bantuan Pemprov NTB dalam bentuk normalisasi Sungai Lokok sepanjang 2,3 km dan Sungai Medas sepanjang 1,7 km.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published.