Ini Yang Dilakukan Dandim 1607/Sumbawa dalam Bulan Ramadhan dan di Tengah Pandemi Covid-19

Kodim 1607/Sumbawa kembali melaksanakan Jumat Berbagi di wilayah Koramil 1607-08/Moyo Hulu, melalui Babinsa dengan sasaran masyarakat kurang mampu di desa binaan masing-masing.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Memasuki minggu kedua Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriyah dan di tengah suasana Pandemi Covid-19, tentunya bukanlah hal yang mudah bagi sebagian kelompok masyarakat. Karena sesungguhnya masyarakat sedang menghadapi dua kondisi perang dalam satu waktu yang sama, di mana kekuatan perlawanan sesungguhnya ada pada diri sendiri.

Jika saum atau puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Sedangkan perlawanan terhadap Covid-19 yaitu bagaimana diri sendiri berdisiplin dan sadar dalam mengikuti semua imbauan pemerintah terkait antisipasi dan upaya pencegahan Covid-19 untuk lebih mudah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan harapan penanganan Covid-19 akan lebih cepat.

Berkaitan dengan hal tersebut, khususnya dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 tentunya tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan saja, namun juga berdampak pada aspek lainnya seperti jaring sosial dan ekonomi masyarakat.

Komandan Kodim (Dandim) 1607/Sumbawa, Letkol Inf Samsul Huda menyampaikan bahwa dirinya merasa terpanggil sebagai bentuk tangungjawab moral baik selaku Dandim kepada masyarakat di wilayahnya maupun sebagai sesama insan, untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat yang terdampak Covid-19 terutama masyarakat yang sangat membutuhkan.

Dijelaskan Dandim, bahwa Kodim dan jajaran berencana akan mengadakan kegiatan Jumat berbagi secara rutin setiap hari Jum’at selama bulan Ramadhan 1441 H dan sudah dimulai pada hari pertama bulan Ramadhan, Jumat (24/4) lalu. Kegiatan dimulai dengan melakukan packing sembako yang dilakukan di kediaman Ketua Persit KCK Cabang XXVI Kodim 1607/Sumbawa dengan melibatkan beberapa ibu Persit KCK Cabang XXVI Kodim 1607/Sumbawa.

Sedangkan hari ini, Jumat (1/5), Kodim 1607/Sumbawa kembali melaksanakan Jumat Berbagi di wilayah Koramil 1607-08/Moyo Hulu, melalui Babinsa dengan sasaran masyarakat kurang mampu di desa binaan masing-masing. ‘’Semoga dengan bantuan ini dapat membantu meringankan beban serta bernilai manfaat bagi masyarakat,’’ kata Dandim.

Adapun beberapa desa binaan Babinsa sasaran Jumat Berbagi Kodim 1607/Sumbawa yaitu Desa Sebasang, Marga Karya, Semamung, Mokong dan Maman yang disalurkan kepada ratusan orang warga masyarakat yang sudah didata sebelumnya oleh Babinsa.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply