Covid-19, Disdik Kota Mataram Perpanjang Waktu Belajar Mandiri di Rumah Hingga 1 Juni

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, HL Fatwir Uzali.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.IDDinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram memperpanjang waktu belajar mandiri di rumah bagi siswa mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP Negeri/Swasta se-Kota Mataram hingga 1 Juni 2020 mendatang. Keputusan ini diambil Disdik Kota Mataram mengingat dampak dari Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini tak kunjung berakhir.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram, HL Fatwir Uzali mengatakan, pembelajaran siswa secara mandiri di rumah dengan bantuan dan pemantauan orang tua/wali murid pada masa darurat penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) diperpanjang sampai 1 Juni 2020, dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

Terkait hal ini, Kadis Pendidikan Kota Mataram telah bersurat kepada semua Pengawas Sekolah dan Kepala TK, SD, SMP Negeri/Swasta se-Kota Mataram. Di mana, surat bernomor : 423.5/1251/Disdik.C1/V/2020, tertanggal 11 Mei 2020, perihal : Perpanjangan Waktu Belajar Mandiri di Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tersebut, telah dilayangkan Senin kemarin (11/5).

‘’Selain masa kegiatan pembelajaran di rumah, dalam surat tersebut juga mengatur libur khusus keagamaan bulan Ramadhan 1441 H dan Idul Fitri 1441 H. Di mana, libur Ramadhan 1441 H berlangsung selama 3 (tiga) hari kerja pada awal bulan Ramadhan yakni; Kamis sampai Sabtu (23-25 April 2020) dan 6 (enam) hari sebelum tanggal 1 Syawal yakni; Senin sampai Sabtu (18-23 Mei 2020). Selanjutnya libur Idul Fitri 1441 H berlangsung 5 (lima) hari kerja sesudah tanggal 1 Syawal yakni; Selasa sampai Sabtu (26-30 Mei 2020),’’ kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram, HL Fatwir Uzali.

Fatwir Uzali menjelaskan, selama bulan Ramadhan agar dimanfaatkan dengan kegiatan yang bersifat keagamaan dalam upaya penguatan pendidikan karakter peserta didik yang mengarah pada peningkatan akhlak mulia, pemahaman, pendalaman dan praktek amaliah keagamaan bersama keluarga di rumah dan kegiatan pembelajaran daring lainnya.

Kepala Sekolah dan guru, lanjut Fatwir Uzali, agar tetap memantau aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring di rumah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Mataram melalui media Lombok TV dan/atau media pembelajaran daring lainnya di TVRI dan RRI, serta guru agar berinovasi untuk memberikan pembelajaran secara daring maupun luring.

Sedangkan Pengawas Sekolah, agar melakukan monitoring, evaluasi dan pendampingan pada satuan pendidikan yang menjadi binaanya serta menyampaikan laporan kepada Kepala Dinas. ‘’Ketentuan teknis mengenai kegiatan ulangan umum semester genap dan kenaikan kelas tahun pelajaran 2019/2020 serta PPDB tahun pelajaran 2020/2021 akan disampaikan kemudian,’’ ujarnya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply