25 Warga Labuhan Haji Keracunan Makan Soto

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy saat menjengok korban keracunan.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Warga Dusun Ambengan, Desa Labuhan Haji, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) digegerkan dengan adanya warga sebanyak 25 orang yang keracunan. Dari pengakuan Kaur Kewilayahan Ambengan, Sarapudin, bermula dari makan soto yang disajikan oleh Inaq Rauhun, pemilik sawah untuk berbuka puasa.

25 orang tersebut merupakan buruh tani semua. Dari pengakuan salah seorang korban, Inaq Marjuni (42 tahun), merasakan mual dan pusing selang 5 jam setelah berbuka dengan soto yang disajikan majikan.

Keesokan harinya langsung dilarikan ke Puskermas Labuhan Haji bersama anaknya yang ikut mencicipi soto. Yang bikin miris anaknya bernama Tina Melinda (10 tahun) mendapat pertolongan pertama langsung dirujuk ke RSUD dr Soejono Selong, dan akhirnya meninggal dunia.

Sementara itu, Lalu Rusli Anhar, membenarkan kejadian tersebut. ‘’Saat ini, 15 warga Ambengan masih dirawat inap, sisanya berobat jalan,’’ katanya.

Dugaan sementara menurut Kapus Labuhan Haji, keracunan berasal dari bumbu soto. ‘’Untuk memastikan kita tunggu hasil pemeriksaan lab dua tiga hari,’’ ucapnya.

Kasi Trantib Kecamatan Labuhan Haji, Ziat Wijaya juga membenarkan bahwa racun tersebut kemungkinan berasal dari bumbu. ‘’Memang informasi yang saya dapat dari Pak Kadus, bahwa bumbu soto tersebut di beli lima hari sebelum puasa, lalu disimpan dalam lemari pendingin,’’ katanya.

Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy pun menjenguk korban keracunan dengan memberikan semangat untuk bersabar kepada korban. ‘’Ini semua adalah musibah yang tidak pernah kita duga,’’ pesan Bupati Sukiman memberikan semangat kepada para korban.

Dan kepada Kapus Labuhan Haji, Bupati Sukiman berpesan untuk memberikan perhatian lebih ekstra kepada para korban. Sementara kasus keracunan ini sudah ditangani pihak kepolisian sector (Polsek) Labuhan Haji.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply