Malam ini, Gubernur NTB Pantau Warga di Malam Takbiran

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah didampingi Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal dan Anggota Forkopimda dengan menggunakan motor berkeliling pantau situasi malam takbiran di Kota Mataram.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada Minggu besok (24/5). Itu artinya pada hari ini, Sabtu (23/5) seluruh umat Islam akan mengumandangkan takbir. Namun, tidak seperti momen Idul Fitri pada tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini seluruh umat Islam akan merayakannya di tengah situasi Pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Covid-19. Di dalam fatwa tersebut disunahkan untuk menghidupkan suasana malam Idul Fitri dengan takbir, tahlil, dan tahmid. MUI pun mengimbau agar takbir dilakukan di rumah masing-masing.

Dan di tengah situasi sulit seperti ini, mustahil rasanya bagi umat Islam di NTB untuk melakukan takbir keliling. Namun, umat Islam tidak perlu takut akan kehilangan momen takbiran tersebut karena masih bisa menyiasatinya dengan mengumandangkan takbir dari rumah.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah yang hadir bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi NTB memantau langsung situasi dan kondisi warga NTB di malam takbiran, Sabtu malam (23/5).

Sebelumnya, Gubernur NTB terlebih dulu bersama Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal melepas patroli takbiran di Lapangan Gajah Mada, Mapolda NTB. Dalam sambutannya, Gubernur NTB menyampaikan bahwa takbiran tahun ini tidaklah sama seperti tahun-tahun sebelumnya, namun Gubernur juga mengajak para aparat kepolisian yang akan bertugas untuk tetap bersemangat mengamankan Idul Fitri yang akan dilaksanakan Minggu besok.

‘’Sayup-sayup terdengar takbir yang terus berkumandang, malam ini adalah malam yang biasanya sangat ramai dalam menyambut Idul Fitri. Namun tahun ini, keramaiannya tidak seramai dulu. Namun tidak menyurutkan niat kita untuk siap menyambut dan mengamankan Idul Fitri yang dilaksanakan besok. Mudah-mudahan dengan kerja keras kita, Insya Allah NTB aman, tenteram, dan menyenangkan bagi kita semua. Semoga Allah SWT merindhoi langkah kita semua, Aamiin,’’ kata Gubernur.

Setelah itu, orang nomor satu di NTB itu kemudian didampingi Kapolda dan Anggota Forkopimda lainnya, di antaranya; Danrem 162/WB, Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, Danlanal dan Danlanud menggunakan motor untuk berkeliling pantau situasi malam takbiran di Kota Mataram.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Gubernur NTB mulai berkeliling menggunakan motor pukul 20.30 Wita untuk melihat dan memantau langsung kondisi warga NTB di malam takbiran tersebut.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply