Dandim 1615/Lotim: 10 Pasar Umum Dipersiapkan Jadi Demplot New Normal

Suasana rapat teknis persiapan penerapan tatanan new normal bagi pasar tradisional rakyat yang digelar di Aula Kantor Bupati Lotim, Selasa (30/6).

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) optimis akan menerapkan new normal life bagi masyarakat Lotim. Penerapan new normal tentunya harus mengacu pada ketentuan protokol kesehatan Covid-19. Hal itu dikatakan Komandan Kodim (Dandim) 1615/Lotim, Letkol Inf Agus Prihanto Donny usai menggelar rapat teknis persiapan penerapan tatanan new normal bagi pasar tradisional rakyat, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Lotim, Selasa (30/6).

Rapat teknis yang dibuka Asisten II Setdakab Lotim, H Sahabudin dan dihadiri Dandim 1615/Lotim, Letkol Inf Agus Prihanto Donny selaku Wakil Ketua I Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 wilayah Kabupaten Lotim; Kapolres Lotim, AKBP Tunggul Senantrio; Kalak BPBD Lotim, Purnama Hadi serta seluruh OPD dan Forkopimcam se-Kabupaten Lotim.

Menurut Dandim, 10 pasar yang akan dijadikan percontohan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Lotim harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19, di antaranya para pedagang dan pengunjung menggunakan masker, tersedia tempat cuci tangan dan sabun, tetap jaga jarak, menyiapkan pintu masuk dan pintu keluar yang berbeda dan tempat parkir yang memadai dan rapi.

10 pasar yang dipilih dan dipersiapkan sebagai contoh new normal antara lain Pasar Paok Motong, Pasar Masbagik Baru, Pasar Pancor, Pasar Tanjung, Pasar Pegondang Sakra, Pasar Peteluan Rensing-Sakra Barat, Pasar Keruak, Pasar Pringgabaya, Pasar Aikmel dan Pasar Rarang. ‘’Itu semata-mata dilakukan untuk menjaga dan menyelamatkan masyarakat dari penyebaran dan penularan Virus Corona,’’ katanya.

Dijelaskannya, kondisi real masyarakat saat ini, masih ditemukan tidak menggunakan masker khususnya di pasar. Untuk itu, pihaknya siap mem-back-up Pemerintah Daerah dalam mendisiplinkan masyarakat. ‘’Mari tumbuhkan kesadaran mulai dari diri sendiri dalam menerapkan protokol kesehatan dan jadilah contoh yang baik bagi masyarakat,’’ ujar orang nomor satu di Kodim 1615/Lotim itu.

Selain itu, Alumnus Akmil 2001 tersebut juga mengajak dan mengimbau seluruh masyarakat untuk membiasakan diri hidup dengan protokol kesehatan Covid-19, sehingga Lotim siap menuju era new normal seperti yang diharapkan bersama.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply