Test Swab Pasien Corona, Lotim Tak Perlu Lagi ke Mataram

Menggunakan APD, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (tengah) saat menggunting pita sebagai tanda peresmian PCR.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Penanganan pasien Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), kini selangkah lebih maju meskipun terkesan terlambat. Pasalnya, kini RSUD dr R Soedjono Selong sudah memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR) sendiri. Hari ini, Selasa (30/6), Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy meresmikan pengoperasian alat teknologi untuk menganalisis hasil swab pasien yang didiagnosis terjangkit Corona Virus Disease (Covid-19).

Alat yang ditempatkan di RSUD dr R Soedjono Selong adalah salah satu dari dua alat PCR Lotim. Satu alat lainnya ditempatkan di RSUD Lotim, di Labuhan Haji.

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy menyampaikan keberadaan PCR ini akan sangat membantu tugas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lotim. Sebab, pemeriksaan hasil swab tidak perlu dikirim ke Mataram yang pemeriksaannya membutuhkan waktu karena harus menunggu giliran sesuai urutan masuknya. Keberadaan alat ini di Lotim juga akan mempercepat dilakukannya contact tracing.

Bupati Sukiman berpesan agar alat ini dapat dimanfaatkan secara optimal baik dari segi teknis maupun sumber daya manusianya.  Hasil PCR harus benar, sesuai kondisi faktual, sehingga keberadaannya benar-benar dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Ditekankannya pula agar harga yang ditetapkan dapat dijangkau masyarakat.

Bupati juga meminta agar alat serupa yang ada di RSUD Lotim dapat segera dioperasikan. Selain itu, ia juga memberikan target agar RSUD dr R Soedjono Selong dapat meningkat statusnya dari tipe C ke tipe B. Ia berharap tahun 2021 mendatang, peningkatan status tersebut sudah terwujud. Disinggung pula rencana pembangunan rumah sakit di Aikmel dan Keruak serta di Apitaik untuk lebih mendekatkan akses kesehatan masyarakat.

Kepada semua pihak, Bupati Sukiman menyampaikan terima kasih karena Lotim dinilai berhasil menekan kasus Covid-19. Menurutnya, hal ini menandakan semua telah bekerja dengan sebaik-baiknya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply