Gubernur NTB Jadi Pembicara Webinar Nasional Transformasi Digital UMKM

Pada Kamis besok (9/7), Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah akan menjadi salah satu pembicara dalam webinar nasional dengan tema ‘’Transformasi Digital UMKM’’.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menjadi salah satu pembicara dalam webinar nasional dengan tema ‘’Transformasi Digital UMKM’’. Webinar ini akan digelar pada Kamis besok (9/7) mulai pukul 10.00 Wita – 13.00 Wita, yang diselenggarakan oleh DANA Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Pemprov NTB dan pihak lainnya.

Chief Executive Officer (CEO) DANA Indonesia, Vincent Iswara mengatakan, selain Gubernur NTB, pembicara dalam webinar ini adalah Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan; Menteri Koperasi & UKM, Teten Masduki serta Vincent Iswara sendiri.

Kegiatan ini menjadi bagian dari road show digital dengan tema ‘’Transformasi Digital UMKM’’ dalam menghadapi New Normal. ‘’Dengan program ini, diharapkan UMKM dapat beradaptasi dengan perubahan transaksi masyarakat dari offline ke online. Oleh karena itu, kami ingin menjalin sinergi dengan Pemprov NTB agar terwujud onboarding UMKM ke dalam ekosistem digital. Selain NTB, kami juga melakukan road show digital di Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumatera Utara,’’ katanya.

Target peserta road show digital ini adalah pelaku UMKM, komunitas UMKM, komunitas pengusaha mahasiswa, komunitas pengusaha pariwisata di Provinsi NTB. Diharapkan peserta dari Provinsi NTB sebanyak mungkin, ‘’Sehingga proses Transformasi Digital dari 10 ribu UMKM di Provinsi NTB dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Kami juga berharap sebagai propinsi pertama dalam rangkaian digital road show ini, NTB dapat menjadi contoh dan penggerak untuk propinsi lainnya,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy mengatakan, Gubernur NTB akan memaparkan pentingnya transformasi digital bagi para pelaku IKM/UMKM untuk memperluas cakupan pasar. Karena disadari sistem digital menjadi salah satu cara mengembangkan usaha di era sekarang ini. Namun yang tidak kalah pentingnya yaitu pemaparan terkait dengan upaya Pemprov NTB yang telah mengembangkan dan menggairahkan produk IKM/UMKM di masa pandemi dengan cara merangkul mereka untuk penyediaan produk di Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang.

‘’Produk IKM/UMKM di masa pandemi justru semakin berkembang karena Pemprov NTB menyerapnya di JPS Gemilang dalam tiga tahap. Bahkan, di tahap tiga ini, lebih dari tiga ribu IKM/UMKM dilibatkan oleh Pemprov NTB,’’ katanya semari menjelaskan, masyarakat bisa mengikuti webinar ini di https://bit.ly/NTBsiapdigital. Juga akan disiarkan live streaming melalui kanal media sosial Facebook Humas NTB.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply