Program Kampung Sehat, Kapolres Sumbawa Edukasi Masyarakat Panca Warga

Kapoles Sumbawa, AKBP Widy Saputra saat mengunjungi Kampung Sehat Panca Warga.
Kapoles Sumbawa, AKBP Widy Saputra saat mengunjungi Kampung Sehat Panca Warga.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pandemi Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) yang mewabah di seluruh wilayah di Tanah Air, membuat aktivitas masyarakat di luar rumah harus dikurangi. Hal ini diperkuat adanya imbauan Pemerintah agar masyarakat menerapkan social distanching atau membatasi aktivitas di luar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pandemi ini juga memaksa masyarakat untuk tetap produktif meski di rumah saja. Seperti yang dilakukan oleh warga Dusun Pasir Kampung Panca Warga, Desa Labuhan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa. Mereka memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk berkebun. Berbagai tanaman seperti sayur sayuran.

Kegiatan positif tersebut mendapat dukungan dari aparat desa, kecamatan, TNI/Polri dalam hal ini Polres Sumbawa. Masyarakat didampingi dan diberikan arahan agar tetap produktif. Salah satunya memanfaatkan pekarangan untuk berkebun. Ini juga sebagai upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat di tengah Pandemi Covid-19 dalam rangka menyambut tatanan hidup baru.

Kapoles Sumbawa, AKBP Widy Saputra saat ditemui usai mengunjungi Kampung Sehat Panca Warga mengatakan, Panca Warga dijadikan salah satu Kampung Sehat binaan Polres Sumbawa. Selama masa Pandemi Covid-19 ini, warga memanfaatkan pekarangannya untuk menanam berbagai jenis sayuran. Sayuran tersebut kata Kapolres, dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai lauk pauk.

Menurut Kapolres, hal tersebut membutikan bahwa masyarakat Sumbawa, khususnya di Kampung Sehat Panca Warga, siap menjaga ketahanan pangan dalam rangka menyambut tatanan kehidupan baru di era Covid-19. ‘’Untuk Kampung Sehat Panca Warga di Dusun Pasir, Desa Labuhan Sumbawa ini, masyarakat memanfaatkan pekarangannya untuk menanami sayuran. Itu merupakan bukti bahwa masyarakat siap melaksanakan ketangguhan atau ketahanan pangan menyambut tatanan kehidupan baru,’’ katanya.(Sid/hmspoldantb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *