Wabup Lotim Siap Komunikasikan Anggaran Lasqi pada OPD Terkait

Pengurus Lasqi Lotim fose bersama Wabup Lotim, H Rumaksi Sj dan Ketua DPW Lasqi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Bupati Lombok Timur (Wabup Lotim), H Rumaksi Sj mengatakan, kendati keberadaan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kabupaten Lotim relatif masih muda, namun memiliki prestasi yang mumpuni. ‘’Ini sesuatu yang patut dibanggakan terlebih jika melihat semangat pengurus dan anggota Lasqi saat ini yang usianya sudah cukup matang. Dan saya berharap kepada pengurus Lasqi yang baru saja dikukuhkan dapat meningkatkan performa Lasqi Kabupaten Lotim,’’ kata Wabup pada acara Pengukuhan Pengurus Lasqi Lotim, di Pendopo Wakil Bupati, Rabu (8/7).

Wabup meminta agar dilakukan regenerasi untuk senantiasa menjaga kelestarian Qasidah sebagai seni bernafaskan religi. Hal ini juga untuk mengcounter gaya hidup western yang acap mempengaruhi pemuda-pemuda daerah, bahkan bangsa ini. Disampaikannya pula bahwa sebuah lembaga harus diperkuat sumber daya manusia (SDM) yang baik dan didukung sumber dana memadai agar dapat berjalan dengan baik. Karena itu, Wabup berjanji ke depan pihaknya akan mengkomunikasikan anggaran bagi Lasqi melalui OPD terkait.

Pada acara yang digelar di Pendopo Wakil Bupati itu, Wabup juga meminta agar pengurus mampu memberikan warna baru dalam perkembangan seni musik yang dibawa Syeh Albar ke Indonesia ini, sehingga mampu menarik minat remaja dan generasi muda.

Sementara itu, Ketua DPW Lasqi Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati juga menyoroti eksistensi seni qasidah yang dikembangkan pertama di Indonesia oleh Rafiqoh Darto Wahab ini dinilainya kurang mendapat perhatian generasi milenial. Karenanya, ia meminta agar pengurus Lasqi dapat memopulerkan kesenian yang masuk Indonesia tahun 1971 silam itu sebagai media menanamkan nilai-nilai positif untuk mendukung peningkatan kualitas SDM di daerah ini.

Dalam kesempatan itu, Ketua Lasqi Lotim, Hj Siti Kudsiah Rumaksi berharap pembinaan dari Lasqi Provinsi NTB dapat dilakukan secara rutin demi mewujudkan visi misi DPD Lasqi Lotim yaitu ‘’memasyarakatkan seni qasidah Indonesia serta menjadi yang terbaik di antara yang paling baik”.

Ia juga menyampaikan  terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lotim atas dukungan dan pembinaan yang diberikan kepada DPD Lasqi Lotim. Dukungan tersebut diharapkan mampu mengantarkan seni dan kearifan lokal Lotim menjadi bagian dari pengembangan pariwisata serta terwujudnya seniman dan generasi muda yang tangguh, berprestasi dan kuat menghadapi tantangan hidup di masa depan.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply