Gubernur NTB Merasa di Singapura Ketika Berada di Kampung Sehat ‘’Ijo Berseri’’

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat melaunching Kampung Sehat ‘’Ijo Berseri’’ Dusun Kelana, Desa Sepakek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Loteng, Rabu (12/8).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengatakan, kampung-kampung di NTB mulai terlihat menawan karena kebersihan lingkungan sudah mulai dirasakan manfaatnya. Semangat gotong royong warga mewujudkan ‘’Kampung Sehat’’ yang bersih dan lestari, juga antusiasmenya sangat kental. Bahkan secara khusus, Gubernur memuji Kampung Sehat ‘’Ijo Berseri’’ yang menurutnya merasa seperti di Singapura lantaran saking bersihnya.

‘’Saya berkunjung desa ini, ibaratnya saya mengujungi  desa-desa yang ada di Singapura, karena saking bersihnya. Bahkan lukisan di temboknya sebagian besar menggunakan bahasa Inggris,’’ puji Gubernur saat melaunching Kampung Sehat ‘’Ijo Berseri’’ Desa Sepakek, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Rabu (12/8).

Selain itu, Gubernur juga menekankan bahwa kebersihan dan keindahan adalah kebutuhan bersama. Gubernur berharap kebersihan dan keindahan yang sudah terbentuk saat ini, dapat dipertahankan dan menjadi gaya hidup warga NTB di masa yang akan datang. ‘’Bukan karena ada lomba, inilah cara hidup terbaik bagi kita di masa yang akan dating,’’ ujarnya.

Selain itu, Gubernur juga mengapresiasi Kampung Sehat yang diluncurkan. Menurutnya, setiap sudut kampung telah tertata rapi, tempat sampah juga telah tersedia di setiap rumah-rumah warga. Begitu juga dengan lukisan dan mural indah yang mengajak masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Tak hanya itu, tanaman bunga serta sayur-sayuran tampak asri dan lestari menyambut kedatangan orang nomor satu di NTB beserta rombongan. ‘’Saya sangat bangga, semoga kebersihan kampung ini menjadi contoh bagi kampung lain di NTB,’’ ucapnya.

Gubernur berpesan agar warga dapat mempertahankan kondisi lingkungan yang bersih. Menurutnya, lingkungan yang bersih akan menghadirkan banyak manfaat. ‘’Yang tidak kalah penting, bukan hanya lingkungan yang bersih. Tapi hati masyarakatnya juga harus bersih. Sehingga akan menghadirkan ketentraman dan kebahagiaan dalam hatinya,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Dusun Kelana Desa Sepakek, Suparlan menyebutkan, Kampung Sehat ‘’Ijo Berseri’’ merupakan kolaborasi dari program kampung sehat yang nantinya bukan sekadar kebersihan lingkungan yang diwujudkan, tapi lingkungan hijau juga akan terus dikembangkan. Mulai dari tanaman bunga yang berseri-seri menyambut para pengunjung. Juga tanaman sayur-sayuran yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat itu sendiri. ‘’Kalau semua itu dapat kita wujudkan, maka kita akan terus kembangkan menjadi desa agrowisata dengan segala potensi yang ada. Baik sumber daya alam yang mendukung maupun sumber daya manusia yang memadai,’’ katanya.

Ia menjelaskan, sejak program kampung sehat mulai dilaksanakan, partisipasi masyarakat dan pemuda sangat luar biasa. Saking antusiasnya masyarakat menyambut lomba kampung sehat ini, semua kebutuhan baik itu kayu, bambu, makanan dan lain-lain semua disediakan oleh masyarakat. Pekerjaannya pun swadaya dari masyarakat itu sendiri. Sehingga semangat Pemerintah Desa dan masyarakat untuk mewujudkan kampung sehat semakin tinggi. ‘’Alhamdulillah, masyarakat kami sangat antusias dan merasa bangga menyambut program ini. Semoga kunjungan Gubernur kali ini memberi semangat baru kami untuk mewujudkan kampung yang sehat dan bersih,’’ ujarnya.

Setelah puas berkeliling desa, Gubernur bersama rombongan melanjutkan kegiatan salat dzuhur berjamaah dengan warga desa setempat. Dalam kunjungan ini, Gubernur turut didampingi oleh Camat Pringgarata, H Masnun, Polsek Pringgarata serta beberapa kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTB.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply