LPMPP Unram Gelar Sosialisasi Audit Mutu Internal

45
Suasana zoom meeting saat sosialisasi Audit Mutu Internal Universitas Mataram. (dok Humas Unram untuk Forta).
Suasana zoom meeting saat sosialisasi Audit Mutu Internal Universitas Mataram. (dok Humas Unram untuk Forta).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kerjasama yang sinergis semua unit kerja internal diperlukan dalam meningkatkan budaya mutu.

‘’Mengingat pentingnya kegiatan Audit Mutu Internal ini, diminta kepada semua unit kerja di Unram agar dapat bekerjasama dengan auditor, untuk melakukan kegiatan Audit Mutu Internal agar tujuan audit ini dapat tercapai,’’ kata Rektor Universitas Mataram (Unram), Prof Dr Lalu Husni, S.H., M.Hum., saat gelaran sosialisasi Audit Mutu Internal (AMI) secara daring melalui zoom meeting, Jumat (14/8).

Prof Husni mengatakan, ruang lingkup AMI di antaranya adalah seputar kemampuan memenuhi standar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan sembilan kriterianya. ‘’Termasuk melakukan penilaian terhadap kesiapan universitas, fakultas, pascasarjana, vokasi dan program studi dalam menghadapi akreditasi baik nasional maupun internasional,’’ ujarnya.

Prof Husni mengingatkan bahwa selain untuk pengembangan unit kerja, AMI juga berguna dalam melakukan akreditasi sekaligus pemetaan program studi (prodi) yang potensial, untuk mendapatkan akreditasi peringkat unggul, termasuk untuk keperluan akreditasi internasional. ‘’Sehingga prodi yang potensial mendapat peringkat unggul bisa didorong untuk melakukan reakreditasi,’’ ucapnya sembari menjelaskan bahwa Prodi yang potensial untuk akreditasi internasional akan menjadi prioritas utama universitas.

Sementara itu, Ketua LPMPP Unram, Dr Ir Lestari Ujianto, M.Sc. dalam sosialisasi via daring tersebut menyampaikan, AMI merupakan proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokementasi guna memastikan pelaksanaan kegiatan di Perguruan Tinggi (PT) sesuai dengan prosedur. ‘’Audit Mutu Internal bukanlah asesmen atau penilaian, bukan untuk mencari-cari kesalahan, melainkan pencocokan kesesuaian antara pelaksanaan dengan perancangan suatu kegiatan atau program, untuk mencari peluang dan upaya perbaikan,’’ katanya.

Selain bertujuan untuk memastikan SPMI telah memenuhi standar atau regulasi, lanjutnya, kegiatan AMI juga dalam upaya memastikan implementasi SPMI sesuai dengan standar, sasaran, dan tujuan. Pun, dalam rangka evaluasi efektivitas penerapan SPMI serta identifikasi peluang perbaikan SPMI. ‘’Hasil dari Audit Mutu Internal akan memberi peluang untuk perbaikan, peningkatan, dan atau pengembangan standar mutu, baik akademik atau non akademik berdasarkan fakta lapangan,’’ ujarnya.(Sid/forta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here