Pelayanan Dukcapil Dua Kecamatan di Lotim Belum Bisa Maksimal

Kadis Dukcapil Kabupaten Lotim, Sateriadi.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di kecamatan Sembalun dan Sambelia hingga kini belum bisa maksimal. Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Sateriadi kepada Lomboktoday.co.id, di ruang kerjanya, Senin (14/9).

Lebih jauh Sateriadi menjelaskan, belum maksimalnya pelayanan kependudukan dan catatan sipil pada dua kecamatan itu disebabkan selain kekurangan personel, juga peralatan yang belum memadai. Menurutnya, di Kecamatan Sambelia hanya memiliki 2 orang petugas ASN sedangkan di Kecamatan Sembalun hanya memiliki 1 petugas ASN.

Lombok Timur kata Sateriadi belum semua kecamatan memiliki Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dukcapil. Sehingga satu UPT mengcover dua kecamatan. Induk pelayanannya, untuk Kecamatan Sembalun iduknya di Kantor Kamat Suela, untuk Kecamatan Sambelia induknya di Kecamatan Pringgabaya.

“Mengingat jarak tempuh kedua kecamatan tersebut cukup jauh, sehingga di Kecamatan Sembalun dan Sambelia ditempatkan tenaga pembantu untuk pelayanan sehari-hari, tapi sistem kerjanya link ke kecamatan yang telah memiliki UPT”, kata Sateriadi.

Menurutnya, pada proses linknya inilah masih sering terjadi gangguan teknis pada jaringan vita data sehingga menyebabkan pelayanan menjadi lambat atau tidak bisa maksimal. Pihak Dukcapil Lotim kini tengah berupaya menambah peralatan yang memadai sehingga pelayanan pada 2 kecamatan terjauh itu bisa lebih lancar.

Namun demikian, sambil berupaya melengkapi fasilitas yang ada, Pemkab Lotim kata Kadis Dukcapil, tahun 2021 mendatang semua kecamatan di Lotim dipastikan memiliki UPT Dukcapil sendiri-sendiri. Sehingga tidak lagi seperti sekarang 2 kecamatan 1 UPT.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply