Figur Inspiratif dan Responsif, Bang Zul dan Umi Rohmi Selalu Jadi Trending Topic

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah telah genap dua tahun memimpin Provinsi NTB. Berbagai torehan prestasi mencuat ke permukaan justru di tengah terpaan dua bencana; yakni gempa bumi dan Pandemi Covid-19. Beberapa terobosan dua pimpinan ini menjadi inspirasi nasional, mulai dari pola penanganan dampak ekonomi akibat pandemi hingga munculnya Perda Penanggulangan Penyakit Menular.

Public Relation Command Center (PRCC) Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB membuat analisis dengan mengambil data sepanjang 2019 hingga September 2020 di media online dan di tiga platform media sosial yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. Tim PRCC membuat analisis yang lebih tematik yaitu siapa tokoh yang paling banyak diperbincangkan netizen di NTB.

Dari hasil analisis tersebut muncul nama Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah di posisi satu dan dua teratas. Mereka paling banyak muncul di pemberitaan media online serta paling tinggi mention dan tag di media sosial dengan rincian nama H Zulkieflimansyah atau Bang Zul muncul sebanyak 17.617 kali. Sementara nama Hj Sitti Rohmi Djalillah atau Umi Rohmi mencuat sebanyak 15.264 kali. ‘’Selain di tiga platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, kedua tokoh tersebut juga paling banyak diberitakan oleh media online NTB maupun media online nasional,’’ kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy, pada Senin malam (21/9).

Najamuddin mengatakan, sejak tahun 2019 lalu, nama Gubernur dan Wagub NTB selalu bertengger di puncak trending topic. Hal itu terlihat dari progress laporan mingguan yang dibuat oleh tim PRCC berdasarkan engagement di media online dan media sosial. Bahkan meskipun sejumlah tokoh-tokoh nasional sering melakukan kunjungan kerja di Provinsi NTB dan menyita perhatian publik, namun untuk trending topic di posisi satu dan dua masih tetap dipimpin oleh Gubernur dan Wagub NTB. ‘’Dua pimpinan ini dalam dua tahun terakhir menjadi pasangan yang sangat kompak di dunia maya. Kami memantau netizen mengidolakan keduanya karena style kepemimpinan dan program-program pemerintahan yang menarik. Sehingga trust kepada keduanya selalu eksis dan menguat,’’ ujarnya.

Najamuddin memandang para netizen banyak yang membincangkan Gubernur dan Wagub karena keduanya tampil menginspirasi dan sangat responsif. Misalnya, Gubernur dinilai oleh netizen paling menginspirasi dan kolaboratif karena mampu mengajak seluruh komponen Forkopimda dan tokoh-tokoh dalam daerah dan tokoh nasional berkolaborasi membangun NTB. ‘’Sementara Ibu Wagub menjadi tokoh paling responsif yang mengawal program-program unggulan Pemprov NTB dan penanganan medis Covid-19 di Provinsi NTB,’’ katanya.

Najamuddin menjelaskan, nama Gubernur dan Wagub NTB menjadi figur yang paling menonjol tidak terlepas dari kiprah dan gebrakannya selama dua tahun ini. Beberapa kebijakan Pemprov NTB bahkan menjadi acuan nasional, misalnya saja soal lahirnya Perda Penanggulangan Penyakit Menular untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di NTB dengan cara mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan protokol Covid-19. ‘’Polri dan Mendagri memuji langkah cepat NTB menerbitkan Perda untuk mencegah penyebaran dan melindungi masyarakat dari Covid-19. Daerah lain sedang bersiap membuat Perda serupa. Itu pula yang membuat nama Gubernur dan Wagub NTB mencuat ke nasional,’’ ujarnya.

Sebelum terbit Perda tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan apresiasi ke Pemprov NTB lantaran telah berhasil memberdayakan pelaku IKM/UMKM melalui program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang. Penyerapan produk-produk lokal selama pandemi dinilai telah berhasil memberdayakan pelaku usaha lokal sekaligus membantu masyarakat yang terdampak pandemi.

Selain itu, ada sejumlah produk industrialisasi yang membuat bangga masyarakat dan pemerintah seperti hadirnya sepeda listrik buatan lokal yang kini sudah mendunia. Juga hadirnya program Bela Beli Produk Lokal sebagai upaya serius Pemprov NTB memajukan IKM/UMKM. Selain nama Bang Zul dan Umi Rohmi, sejumlah figur yang juga banyak muncul dalam pemberitaan serta mention dan tag di media sosial yaitu Fahri Hamzah dan mantan Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi atau TGB (Tuan Guru Bajang). Fahri Hamzah sendiri muncul sebanyak 14.090 kali dan TGB diperbincangkan sebanyak 9.787 kali.

Dalam analisis PRCC juga muncul sederet figur-figur dari Provinsi NTB yang banyak menyedot perhatian publik selama 2019 hingga September 2020 seperti nama Kadis Kesehatan NTB, dr Nurhandini Eka Dewi; Sekda NTB, HL Gita Ariadi; Bupati Bima, Indah Dhamayanti Putri; Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal; Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy; Dirut RSUD NTB, dr HL Hamzi Fikri; Dirut RSUD Kota Mataram, dr HL Herman Mahaputra; atlet nasional asal KLU, Lalu Muhammad Zohri hingga pedangdut asal Lotim, Eva Yolanda.

Kadis Kesehatan NTB, dr Nurhandini Eka Dewi misalnya mencuat namanya sebanyak 829 kali; Sekda NTB, HL Gita Ariadi sebanyak 482 kali; dr HL Hamzi Fikri sebanyak 376 kali dan sederet figur lain dengan angka perbincangan yang berbeda-beda.  Munculnya nama Kadis Kesehatan NTB, dr Nurhandini Eka Dewi, Sekda NTB, HL Gita Ariadi dan Dirut RSUD NTB, dr HL Hamzi Fikri dalam deretan figur yang banyak diperbincangkan netizen lantaran mereka juga banyak diberitakan oleh media online dan menjadi konsumsi perbincangan di media sosial. ‘’Mereka sering muncul di pemberitaan karena paling intens dalam memberikan informasi terkait dengan penanganan Covid-19 di Provinsi NTB,’’ katanya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply