Lotim Kembali Jadi Duta NTB Lomba Perpusdes Tingkat Nasional

Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Lotim, H Marwan.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Hampir setiap tahun Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mewakili Provinsi NTB pada ajang lomba Perputakaan Desa (Perpusdes) tingkat Nasional. Wajar, setiap gelaran Lomba Perpustakaan Desa tingkat Provinsi NTB, Lotim selalu tak terkalahkan oleh Perpusdes utusan Kabupaten/Kota lain di NTB.

Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Lotim, H Marwan ditemui di ruang kerjanya, Senin (28/9) menjelaskan, untuk tahun 2020 ini Lotim kembali jadi duta NTB di tingkat pusat setelah berhasil menjadi juara 1 tingkat Provinsi NTB. Perpustakaan Desa yang diutus adalah Perpusdes Desa Embung Kandong Kecamatan Terara. Pelaksanaan penilaian oleh tim dari pusat pada tanggal 7 Oktober mendatang.

Persiapan mengikuti lomba, menurut mantan Kadis Sosial Lotim itu, pihak Arpusda Lotim bersama Pemdes setempat, sudah lama melakukan pembinaan. Tidak ada persiapan khusus katanya, karena Perpusdes Desa Embung Kandong memang termasuk perpustakaan yang cukup maju.

Terkait jumlah desa di Lotim yang sudah memiliki Perpustakaan Desa kata Kadis, dari 254 desa dan kelurahan hingga tahun 2020 ini hanya tersisa 30 desa yang belum memiliki perpustakaan. Itupun katanya, desa-desa yang jauh di pinggiran karena akses penduduknya yang masih sulit.

Kadis menyebutkan, dengan majunya Perpustakaan Desa Embung Kandong di ajang lomba tingkat nasional, berarti bertambah nama Perpustakaan Desa yang memiliki nama di level nasional setelah sebelumnya Desa Sakra, Desa Kembang Kuning, Desa Sepit dan lain-lain.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply