Belajar dari Rumah, Peran Orang Tua Sangat Besar dalam Membimbing Putra-Putrinya

Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pojok Ekspresi yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Dikbud Provinsi NTB, Jum'at (2/10).
Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pojok Ekspresi yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Dikbud Provinsi NTB, Jum’at (2/10).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati mengapresiasi kegiatan Pojok Ekspresi yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, Jum’at (2/10).

Pojok Ekspresi adalah ruang kreativitas dan inovasi bagi sekolah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan yang diinisiasi oleh Dinas Dikbud Provinsi NTB. Hal ini dalam rangka melestarikan permainan tradisional guna mengundang ketertarikan masyarakat untuk menyaksikan permainan tersebut.

Hj Niken pada kesempatan itu menjadi narasumber membahas ‘’Peran Keluarga dalam Mendidik di Masa Pandemi Covid-19’’. Menurutnya, peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak di masa pandemi, terutama dalam menyediakan fasilitas dan menjamin lingkungan agar dapat mendukung anak belajar dari rumah. ‘’Peran orang tua sangat besar untuk membimbing anak-anaknya ketika belajar di rumah, dengan belajar di rumah bukan berarti putus belajar, melainkan semangat belajar,’’ kata Hj Niken.

Hj Niken juga mendorong guru dan siswa untuk memanfaatkan masa pandemi ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas diri dan terus bersemangat. ‘’Artinya kita diberikan kesempatan untuk menjadi orang-orang yang terus meningkatakan kualitas dirinya dengan belajar,’’ ujarnya.

Di akhir kegiatan, Hj Niken berharap beberapa sekolah yang dijadikan sekolah percobaan, dibuka di masa pandemi ini untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. ‘’Mudah-mudahan dilakukan terus dengan lancar, teman-teman di berbagai daerah semoga sekolah percobaannya bisa lancer,’’ ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB, H Aidy Furqon mengaku terpukau dan terpaku dengan seni kreasi tradisional yang ditampilkan oleh SMA Negeri 7 Mataram dan SMK Negeri 1 Batukliang yang turut memeriahkan Pojok Ekspresi. ‘’Kami yakin, ini adalah salah satu langkah kita meningkatkan indeks kebudayaan yang juga merupakan tanggung jawab dari Dinas Dikbud,’’ katanya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here