Hari Pertama Kerja, Bupati Sukiman Langsung Evaluasi Pelaksanaan APBD

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (dua dari kiri) saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan APBD Kabupaten Lotim bersama Wabup Lotim, Sekda Lotim, dan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaraan Provinsi NTB, di Rupatama 1 Kantor Bupati Lotim, Senin (12/10).

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy pada hari pertama masuk kantor setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, langsung memimpin rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan APBD Kabupaten Lotim bersama Wakil Bupati (Wabup) Lotim, H Rumaksi Sj; Sekda Lotim, HM Juaini Taufik, dan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaraan Provinsi NTB, Syarwan, di Ruang Rapat Utama (Rupatama) 1 Kantor Bupati Lotim, pada Senin (12/10).

Sesuai data Bappeda Kabupaten Lotim per 5 Oktober 2020, jumlah Pendapatan Daerah Kabupaten Lotim yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim sudah mencapai 79,58% dari target Rp2 triliun lebih.

Dalam rakor tersebut, Bupati Sukiman memberikan apresiasi tinggi kepada OPD yang telah bekerja keras selama ini, sehingga Pendapatan Daerah Lotim menunjukkan presentase yang baik. Serapan anggaran per Triwulan III ini, Kabupaten Lotim menduduki peringkat 10 besar dari segi serapan realisasi anggaran dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Sementara itu, Wabup Lotim, H Rumaksi Sj memberikan penekanan kepada OPD untuk memiliki tekad kuat memenuhi realisasi APBD. Wabup meminta OPD meningkatkan koordinasi dan sinergi, sehingga dapat memenuhi penyerapan anggaran sesuai target. Jika ada OPD yang tidak dapat memenuhi realisasi penyerapan anggaran, baik DAU maupun DAK dan tidak menunjukkan peningkatan, Wabup mengingatkan bersiap-siap untuk menghadapi reshuffle.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI atas Predikat Opini WTP empat kali berturut-turut. Penghargaan diserahkan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB, Syarwan.

Terkait hal tersebut Bupati Sukiman berharap Ditjen Pembendaharaan Provinsi NTB terus memberikan motivasi dan bimbingan serta selalu mengingatkan agar bisa mempertahankan Opini WTP di Kabupaten Lotim.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply