Demi Ekas, Wabup Lotim Korbankan Pendopo

Wabup Lotim, H Rumaksi Sj.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Obsesi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) untuk menangkap peluang promosi pariwisata bahari di kawasan Teluk Ekas menjelang perhelatan akbar balap motoGP semakin dibuktikan. Meskipun Bumi bermotokan Patuh Karya bukan tuan rumah, namun bagi pemikiran Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Lotim tidak ingin imbas positifnya dibiarkan berlalu begitu saja.

Terbukti, yang sedianya dalam tahun 2020 ini Pemkab Lotim mengalokasikan anggaran Rp5 miliar untuk renovasi Pendopo Wabup Lotim, akan tetapi biaya rehabilitasi Pendopo II itu dialihkan untuk membiayai dalam mempercantik destinasi wisata bahari Teluk Ekas.

Hal itu terungkap dari pengakuan Wabup Lotim, H Rumaksi Sj kepada wartawan saat ditemui usai menyampaikan penjelasan Kepala Daerah terhadap KUA-PPAS tahun anggaran 2021 di depan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lotim, di Gedung DPRD Lotim, Selasa (20/10).

Wabup membenarkan bahwa renovasi rumah dinasnya dipending karena anggarannya dialihkan ke kawasan Teluk Ekas. ‘’Oya…, kita tunda rehab pendopo II, kami lebih memprioritaskan yang lebih besar azas manfaatnya bagi kemaslahatan rakyat,’’ katanya.

Wabup menuturkan, dari hasil pantuannya beberapa waktu lalu, melihat potensi pengembangan objek wisata Telok Ekas, H Rumaksi meyakini kawasan tersebut jika dioptimalkan dan dikelola dengan professional, akan bisa menambah pendapatan rakyat. ‘’Sekali lagi saya tegaskan, kami lebih memprioritaskan kegiatan pembangunan yang bisa memberikan dampak peningkatan ekonomi rakyat,’’ ujar politisi Partai Nasdem itu.

Sebagaimana dilansir media ini pada Senin (19/10) kemarin, terdapat 7 item pekerjaan yang akan dikepung beberapa OPD terkait. Di antranya, (1) Penataan sempadan pantai. (2) Penataan pemukiman penduduk. (3) Penataan Keramba Jaring Apung (KJA). (4) Pembuatan Dermaga Apung Aquatec dan tambatan perahu. (5) Penataan ruang untuk restoran apung. (6) Pembukaan jalan baru dan pengaspalan hotmix. (7) Pembangunan/pengembangan kepariwisataan.

Dari ke-7 item pekerjaan menyulap kawasan Teluk Ekas diharapkan cukup dengan dana Rp5 miliar. Andaikan tidak mencukupi, Wabup menyatakan akan diselesaikan dengan bertahap. ‘’Masih ada waktu lain, kalau tidak cukup dengan dana sebesar itu kita pikirkan pada anggaran berikutnya secara bertahap,’’ ucapnya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply