Sekretariat DPRD Karangasem Studi Kehumasan ke Lotim

Suasana penerimaan rombongan study banding Sekretariatan DPRD Kabupaten Karangasem Bali di Sekretariatan DPRD Lotim, Senin (26/10).
Suasana penerimaan rombongan study banding Sekretariatan DPRD Kabupaten Karangasem Bali di Sekretariatan DPRD Lotim, Senin (26/10).

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Rombongan staf Kesekretariatan DPRD Kabupaten Karangasem, Bali, datang melakukan study banding tentang sistem pengelolaan Kehumasan dan Kerjasama Media di Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Senin (26/10).

Rombongan yang dipimpin Sekretaris DPRD Karangasem dan Asisten III Bidang Pembangunan Pemkab Karangasem bersama sejumlah Kepala Bagian Sekretariat Dewan, juga membonceng sekitar 17 orang wartawan dari berbagai media yang ada di Kabupaten Karangasem.

Selaku tuan rumah, Sekretaris DPRD Kabupaten Lotim, H Ahyan didampingi sejumlah Kabag dan Kasubag Humas Sekretariat DPRD Lotim menyambut dan menerima kunjungan di ruang rapat Komisi. Beberapa wartawan Lotim yang tergabung dalam Forum Jurnalis Lombok Timur (FJLT) turut serta menerima sahabat dari kabupaten paling timur di Provinsi Bali itu.

Dalam kata penerimaannya, Sekretaris DPRD Lotim, H Ahyan memaparkan pers dan lembaga legislatif tidak bisa dipisahkan. ‘’Kerjasama dengan media massa mutlak dan sangat penting dalam menyebarkan program-program lembaga dewan dan pemerintah. Selain kerjasama sosialisasi, pemberitaan dan iklan-iklan bersifat informatif adalah bagian dalam sinergisitas antara legislatif dan unsur pers,’’ kata Ahyan.

H Ahyan yang juga mantan Kabag Hukum dan Humas DPRD Lotim mengungkapkan tentang naiknya status Sekretariat DPRD Lotim dari tipe B menjadi tipe A. Dengan kenaikan status itu, praktis ada penambahan bidang yang sebelumnya dari 3 bidang menjadi 4 bidang.

Sementara pemaparan tujuan rombongan tamu dari Karangasem, diawali oleh Asisten III Setdakab Karangasem, Ni Made Santikawati. Dia menyatakan merasa tersanjung dengan sambutan seluruh rekan jurnalis Lotim dan Sekretariat DPRD Lotim.

Menurut Santikawati, studi banding yang dilakukan ke Kabupaten Lotim ini untuk mengetahui sejauhmana peran pers dalam mendukung program Pemerintah. Ia meyakini, ada jalinan komunikasi yang familiar antara media massa dan lembaga dewan khususnya.

Salah seorang wartawan dari Karangasem meminta penjelasan dari wartawan Lotim terkait pola kerjasama yang selama ini antara pers dengan DPRD Lotim dan memungkinkan untuk diadopsi oleh Sekretariat DPRD dan media di Karangasem.

Kesempatan pertama dijelaskan oleh Ketua Forum Jurnalis Lombok Timur, M Rusliadi (wartawan Suara NTB) biro Lotim. Rusliadi memaparkan ide terbentuknya FJLT dan sinergitas dengan berbagai pihak tak terkecuali dengan lembaga DPRD Lotim.

Penjelasan detail secara teknis kerjasama media dengan Pemkab Lotim khususnya dengan DPRD Lotim disampaikan oleh Ketua Dewan Penasehat FJLT, Lalu M Kamil AB yang juga wartawan media ini.

Pola kerjasama yang berjalan selama ini kata Lalu M Kamil, ada nota kesepakatan FJLT dengan pihak secretariat dewan dalam hal meliput dan mengexpose setiap agenda dewan dan sekretariat. Sedangkan pola pembayaran kerjasama yaitu system ‘’by name by adress’’, yakni pihak sekretariat dewan akan membayar berita agenda dewan yang publikasi oleh masing-masing media dengan mengajukan invoice.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here