Pemkab Lotim Dinilai Tembang Pilih Pengajuan Desa Lomba Kampung Sehat

Sekretaris FKKD Kabupaten Lotim, Munawir Haris.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Penentuan desa yang akan diajukan mengikuti Lomba Kampung Sehat dinilai sistem tebang pilih. Penilaian itu dikemukakan Kepala Desa Rensing Raya, Kecamatan Sakra Barat, Munawir Haris, melalui pesan WhatsApp yang disampaikan kepada Redaksi Lomboktoday.co.id, Kamis (28/10).

Munawir Haris juga menilai Lomba Kampung Sehat hanya dihajatkan bagi desa yang sudah maju dan sehat saja. Dia menginginkan agar mengangkat desa yang masih kategori kurang sehat, agar hajatan dan makna dari Lomba Kampung Sehat itu memiliki nilai lebih bagi desa yang masih menyandang desa kurang sehat. ‘’Melalui lomba ini, kesempatan desa-desa yang kurang maju lebih berbenah,’’ kata Munawir.

Kebijakan ini kata Sekretaris Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) ini, membuat iri sebagian desa yang sudah dengan susah payah menyuguhkan segala persiapan. ‘’Endingnya hanya desa itu-itu saja yang dinaikkan peringkat dan dijadikan sebagai andalan dalam lomba tingkat yang lebih tinggi,’’ keluhnya.

Menurutnya, kalau tidak siap untuk membina mengapa harus adakan lomba yang hanya menguras materi dan energi bagi desa yang hanya ikut jadi pelengkap bagi desa yang sudah ditentukan pemenang dan lokasinya dari awal.

Namun demikian, Munawir Haris mengaku tetap mendukung kegiatan lomba tersebut. ‘’Apapun itu, saya tetap mendukung kegiatan tersebut, tapi hendaknya hajatan ini juga harus sesuai dengan ruh yang ada,’’ harapnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taupik yang dikonfirmasi melalui Japri WhatsApp menjelaskan, penentuan desa yang akan diajukan pada ajang pemilihan Kampung Sehat ditunjuk oleh masing-masing kecamatan. ‘’Masing-masing kecamatan sudah menunjuk perwakilannya dan berhak mengikuti lomba tingkat kabupaten. Pemenang 1-3 berhak mengikuti lomba tingkat provinsi,’’ kata Sekda sembari menjelaskan, ada empat kriteria penilaian, yakni bidang kelembagaan, kesehatan, ekonomi dan keamanan.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply