Rebut 10 Juta Sapi, Wakil Ketua DPRD Dompu Temui Wabup Lotim

192
Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi Sj (kanan) menerima kedatangan Wakil Ketua DPRD Dompu, Djamaluddin (kiri).
Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi Sj (kanan) menerima kedatangan Wakil Ketua DPRD Dompu, Djamaluddin (kiri).

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Tak ingin ketinggalan untuk mendapatkan jatah pengelolaan program 10 juta sapi Brahman Australia yang diluncurkan Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) HKTI NTB, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Djamaluddin menemui Wakil Bupati (Wabup) Lombok Timur (Lotim), H Rumaksi Sj selaku Ketua HKTI NTB.

Kedatangan tokoh Dompu ini diterima Wabup Lotim, H Rumaksi Sj didampingi Sekretaris DPP HKTI NTB, Iwan Setiawan, yang juga Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, di Ruang Kerja Wabup Lotim, Rabu (4/11).

Usai bertemu orang nomor dua di Lotim itu, kepada wartawan Djamaluddin menyampaikan maksud dan tujuannya jauh-jauh datang dari Dompu. Menurutnya, setelah mendapatkan informasi melalui berbagai media bahwa HKTI NTB telah meluncurkan program penggemukan sapi Brahman Australia melalui program 10 juta sapi.

Karenanya, Djamaludin terpikir bahwa program ini harus dapat dinikmati oleh masyarakat Dompu. Akhirnya, Wakil Ketua DPRD Dompu ini mengaku membulatkan niat berangkat ke Lotim bertemu langsung dengan Wabup Lotim untuk meminta agar sebagian dari program 10 juta sapi ini bisa diturunkan di Dompu. ‘’Saya sangat tertarik ikut serta mengembangkan program penggemukan sapi ini untuk masyarakat tani di Dompu. Dan Kabupaten Dompu iklim dan sumberdaya alamnya sangat cocok untuk pemeliharaan jenis sapi Brahman Australia ini,’’ katanya.

Selain itu, lanjutnya, secara kebetulan di Dompu sangat banyak penduduk yang berasal dari Lombok dan sebagian besar mata pencahariannya sebagai petani dan peternak. Namun, para peternak asal Lombok, katanya, lebih banyak yang memelihara ternak milik orang lain (sistem kadas). Jamaludin berharap melalui program 10 juta sapi pola penggemukan akan lebih efektif guna mengangkat perekonomian masyarakat. ‘’Kami yakin melalui sistem ini akan lebih efektif dan lebih tepat meningkatkan pendapatan petani ternak di daerah kami,’’ ujarnya.

Kedatangan Djamaluddin ke Lotim ternyata membuahkan hasil. Wabup Lotim atas nama DPP HKTI NTB mengabulkan pèrmintaan wakil rakyat Dompu itu. Bahkan katanya tidak sekadar menyanggupi sebagian dari program ini diperuntukkan untuk warga Dompu, namun lebih dari itu Djamaluddin mengaku ditunjuk langsung oleh H Rumaksi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) HKTI Kabupaten Dompu. ‘’Alhamdulillah, permohonan kami dikabulkan oleh Ketua DPP HKTI NTB. Bahkan beliau langsung menunjuk saya selaku Ketua DPK HKTI Dompu. Dan saya disuruh mempersiapkan kelengkapan berkas persyaratan untuk diterbitkan SK-nya,’’ katanya.

Atas penunjukan dirinya, Djamaluddin berjanji akan langsung bergerak mempersiapkan pembentukan struktur pengurus HKTI Kabupaten Dompu. Bahkan katanya, telah ada satu unit rumah miliknya yang baru selesai dibangun untuk ditempati sebagai kantor Sekretariat HKTI Kabupaten Dompu. ‘’Setiba di Dompu besok, saya akan langsung bergerak mempersiapkan perangkat pengurus. Dan kebetulan saya punya 3 rumah di Dompu dan ada satu yang baru jadi saya akan pergunakan untum kantor sekretariat HKTI Dompu,’’ ujar Djamaludin dengan ekspresi yang menggebu-gebu.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here