FKSPP Lotim Akui Secara Resmi Dualisme Kepengurusan NW

569
Susunan Dewan Pembina FKSPP Kabupaten Lotim periode 2020-2025.
Susunan Dewan Pembina FKSPP Kabupaten Lotim periode 2020-2025.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Di tengah penantian ummat akan kepastian status hukum kepengurusan Nahdlatul Wathan (NW), ternyata menjadi terang benderang oleh Forum Kerjasama Pondok Pesantren (FKSPP) Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Dengan tegas FKSPP menyebut dan mengakui bahwa kepengurusan NW itu ada dua.

Terbukti, berdasarkan penetapan komposisi pengurus FKSPP Kabupaten Lotim yang disahkan oleh FKSPP Provinsi NTB melalui SK bernomor: 56-SK/FKSPP-NTB/XI/2020 tertanggal 21 November 2020, di mana tertera ada 9 dewan pembina. SK tersebut ditandatangani oleh Ketua FKSPP NTB, TGH Mahally Fikri dan Sekretaris, Dr Fathurrahman Muhtar, SS. M.Ag.

Di antara 9 dewan pembina tersebut; 1. Bupati Lombok Timur (Lotim), 2. Wakil Bupati (Wabup) Lotim, 3. Sekda Lotim, 4. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lotim, 5. PD NW Pancor (HM Syamsul Luthfi), 6. PD NW Anjani (TGH Muzayyin Sobri), 7. PCNU Kabupaten Lotim, 8. PC Muhamadiyah Kabupaten Lotim dan 9. Ketua MUI Kabupaten Lotim.

Pada urutan ke 5 dan 6 susunan dewan pembina, secara eksplisit disebutkan Pengurus Daerah NW Pancor, HM Syamsul Luthfi dan Pengurus Daerah NW Anjani, TGH Muzayyin Syobri. Ini menandakan ada dua pengurus daerah untuk Kabupaten Lotim.

Surat Keputusan tersebut dibacakan secara tegas dan terang benderang oleh Sekretaris FKSPP NTB, Dr Fathurrahman Muhtar pada acara pengukuhan pengurus FKSPP Kabupaten Lotim periode 2020-2025 di Ballroom Kantor Bupati Lotim, Rabu (25/11) kemarin.

Pembacaan Surat Keputusan tersebut disaksikan Wabup Lotim, H Rumaksi Sj; Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lotim, H Sirojudin, juga sejumlah pejabat daerah lainnya serta sekitar 200 lebih pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) se-Lotim.

Menanggapi hal ini, Ketua FKSPP Kabupaten Lotim, HM Mugni, SS M.Com yang dikonfirmasi melalui WhatsApp menjawab secara singkat. Dia mengakui secara defakto. Soal apakah ketua PDNW kedua belah pihak telah dikonfirmasi atas pencantumannya sebagai dewan pembina, Mugni menyebut pihaknya telah memberikan mandat kepada ustadz H Hamdan (YPD NW Pancor) dan TGH M Khairi (YPP Al-Istiqomah NW Suralaga), masing-masing untuk mengkonfirmasi pengurus daerah dari kedua kubu.

Kepastian tentang terkonfirmasinya masih menjadi teka-teki dan saling lempar tanggung jawab. Kedua pihak yang diberi mandat oleh Ketua FKSPP ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp masing-masing menjawab dengan nada yang sama yakni mengaku belum mengkonfirmasi kepada HM Syamsul Luthfi (Ketua PDNW Pancor) dan TGH Muzayyin Sobri (Ketua PDNW Anjani). Antara H Hamdan dan H Khairi juga melempar kembali kepada Ketua FKSPP Lotim, HM Mugni.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here