Positif Covid-19, Mantan Kadis Dukcapil Dompu Kini Dirawat di RSUD Provinsi NTB

62
Ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB.
Ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB.

Oleh: ABDUL RASYID ZAENAL |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kasus penularan Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus bertambah. Setelah meninggalnya Agasem Baharun, orang tua dari Muhammad ST, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), hari ini (Sabtu, 12/12/2020) dikabarkan mantan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu berinisial R (60 tahun) dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

R dipastikan positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil uji sampel swab yang dilakukan oleh Laboratorium PCR Genetik Technopark Sumbawa. R sebelumnya dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu, namun saat ini sedang dalam perawatan oleh tim medis di RSUD Provinsi NTB. ‘’R diberangkat dari Dompu ke RSUD Provinsi NTB di Mataram tadi malam,’’ kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman.

Disebutkan, selama dalam perawatan di RSUD Kabupaten Dompu, pasien R mengalami demam tinggi dengan gejala sesak napas. Setelah dilakukan rontgen, terlihat adanya gambaran pneumonia bilateral dengan comorbid DM type 2. Sedangkan hasil Swab CT Value 16 menunjukkan viral load yang tinggi pada pasien R. ‘’Terhadap keluarga dan kontak erat R, sudah dilakukan Contact Tracing dan diduga ada 2 orang keluarga yang  sudah mulai menunjukkan gejala seperti tertular Covid-19,’’ ujarnya.

Selain R, juga telah dilakukan pemeriksaan sampel swab terhadap beberapa pasien, di antaranya; inisial N (42 tahun), perempuan, warga Desa Adu Kecamatan Hu’u; inisial DI (32 tahun), laki-laki, warga Kelurahan Kandai Dua; inisial M (42 tahun), laki-laki, warga Desa Bara, Kecamatan Woja dan inisial G (74 tahun), warga Kelurahan Potu, Kecamatan Dompu, yang pada Jum’at (11/12) kemarin meninggal dunia saat dalam perawatan medis di RSUD Provinsi NTB.

Maman mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dompu agar semakin waspada dalam menghadapi wabah Covid-19. ‘’Kita semua harus disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 seperti mengenakan masker, menjaga jarak atau menghindari kerumunan dan biasakan mencuci tangan pakai sabun dan air bersih yang mengalir, baik sebelum maupun sesudah beraktivitas,’’ ungkapnya.

Data yang diperoleh media ini menunjukan adanya penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Dompu, sehingga jumlahnya melonjak hingga 359 kasus, yang sudah dirawat dan dinyatakan sembuh sebanyak 328 orang, masih dalam isolasi 16 orang dan yang meninggal dunia sejumlah 15 orang.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here