Gubernur Apresiasi Gerak Cepat Tim NTB Care

68
Aplikasi NTB Care.
Aplikasi NTB Care.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan oleh Tim NTB Care dalam menjawab aduan dan masukan, baik itu melalui Facebook maupun aplikasi NTB Care yang dikelola langsung oleh Dinas Kominfotik Provinsi NTB. Dalam akun pribadi milik Dr Zulkieflimansyah, Gubernur memposting kinerja cepat Tim NTB Care bersama OPD terkait dan stakeholder lainnya dalam menangani salah satu anak yang memerlukan perlindungan khusus (AMPK) kategori anak terlantar.

‘’Terima kasih teman-teman di Dinas Sosial Provinsi NTB maupun KSB serta tim yang langsung turun ke desa-desa setelah diberitahukan ada adik kita yang putus sekolah dan hidup di bawah standar hidup yang layak di Poto Tano. Kalau ada keluhan atau apa sampaikan ke Facebook NTB Care. Insya Allah tim akan dengan senang hati untuk menindaklanjuti,’’ katanya.

Hingga minggu ke-2 sudah terdapat 32 aduan yang tercatat oleh Tim NTBCare. Aduan yang didapat oleh Tim NTB Care beragam, mulai dari sektor kesehatan, infrastruktur hingga lingkungan hidup. Dalam sektor kesehatan, Tim NTB Care telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB guna menjawab aduan dari masyarakat, salah satunya kasus ibu berinisial I berusia 70 tahun yang telah mengalami penyakit stroke selama 5 tahun belakang ini. Dinas Kesehatan Provinsi NTB telah menyambangi dan melakukan pemeriksaan terhadap pasien. Berdasarkan koordinasi stakeholder, pasien kini dalam kondisi baik.

Aduan mengenai infrastruktur, Tim NTB Care menemukan beberapa aduan yang langsung disampaikan masyarakat melalui akun pribadi milik Gubernur, salah satunya adalah kurang memadainya jalan di Kabupaten Bima, Kecamatan Monta. Dinas PUPR Provinsi NTB selaku penanggung jawab langsung memberikan respon yang cepat dan mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait guna menindaklanjuti aduan tersebut. Masalah lingkungan juga masih disampaikan oleh masyarakat NTB. Dalam akun Fanpage milik Gubernur, salah satu aduan masayarakat mengenai penumpukan sampah menyebabkan air menggenang terjadi di sisi terowongan pertama arah bundaran Lingkar Selatan menuju Dusun Kebun Sudak, Kabupaten Lombok Barat. Gerak cepat dilakukan oleh Dinas LHK Provinsi NTB berkoordinasi dengan Dinas LHK Kabupaten Lombok Barat, sehingga masalah sampah di lokasi tersebut telah diselesaikan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi menerangkan, Fanpage NTB Care ini adalah salah satu alternatif bagi masyarakat, khususnya pengguna media sosial Facebook agar aduan ataupun masukan lebih cepat dan efisien tersampaikan. Dengan adanya terobosan ini, maka  tiga layanan pengaduan yang dikelola oleh Dinas Kominfotik Provinsi NTB sudah saling terkoneksi dan terintegrasi, yaitu NTB Care, SMS Center dan Fanspage NTB Care. ‘’Fanpage NTB Care ini merupakan fitur tambahan dari aplikasi NTB Care yang sebelumnya telah ada, tujuan adanya layanan ini untuk mewujudkan pelayanan publik yang cepat dan efisien,’’ katanya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here