Pakaian Adat Sasambo Warnai Acara Tasyakuran HUT NTB ke-62

73
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah bersama istri memakai pakaian adat Suku Sasak, sedngkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama istri mengenakan pakaian adat Samawa.
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah bersama istri memakai pakaian adat Suku Sasak, sedngkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama istri mengenakan pakaian adat Samawa.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Saat acara Tasyakuran HUT NTB ke-62 yang berlangsung di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB, Kamis (17/12), Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah bersama istri, tampil elegan dengan balutan pakaian adat Suku Sasak. Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama istri yang juga turut hadir dalam perayaan itu, tampak memesona mengenakan pakaian adat Samawa.

Tidak ketinggalan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah juga tampil anggun dengan pakaian adat Suku Sasak. Selain dimeriahkan dengan busana khas suku Sasak, Samawa dan Mbojo (Sasambo), pergelaran tasyakuran ini juga dimeriahkan oleh tarian kolaboasi Sasambo—Sunda.

Selain itu, pada momentum perayaan HUT NTB ke-62 tahun 2020 ini, Pemprov NTB mengukir sejarah baru dengan membangun kerjasama yang lebih erat lagi dengan Provinsi Jawa Barat (Jabar). Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan kemampuan SDM guna menyambut dan menyukseskan pergelaran MotoGP Mandalika, di tahun 2021 mendatang. ‘’Alhamdulillah, Jawa Barat dengan pemimpinnya yang rendah hati, Kang Emil ini mau membantu kita dengan cepat untuk membantu UKM-UKM dan anak-anak muda NTB berlatih, sehingga event international seperti MotoGP itu, menghadirkan keberkahan dan kemaslahatan buat masyarakat lokal sendiri,’’ kata Gubernur NTB.

Kerjasama kedua provinsi ini ditandai dengan penandatanganan MoU kerjasama pembangunan daerah yang ditandatangani langsung oleh Gubernur NTB dan Gubernur Jabar serta disaksikan oleh seluruh hadirin tamu undangan. Lebih jauh, pada penyelenggaraan HUT NTB ke-62 yang mengusung tema ‘’NTB Gemilang, Indonesia Maju’’ ini juga dirangkaikan dengan peluncuran beberapa aplikasi dan program kerja yang menjadi kebanggaan dan kerja keras dari Pemprov NTB. Adapun aplikasi dan program tersebut ialah, peluncuran aplikasi Silamo, aplikasi E-Mall, Bus Disabilitas, penyerahan SUT & SRUT Sepeda Listrik, Pabrikasi Sepeda Listrik dan Motor Listrik (NgebUTS, Le-Bui dan Matric-B) oleh IKM NTB, penyerahan 2.163 unit mesin dan perkakas buatan lokal yang akan dibagikan ke UKM, peluncuran Sistem Informasi Posyandu (SIP), peluncuran Mahadesa (BUMDes & GNE), dan peluncuran logo MotoGP Mandalika.

Pada penghujung acara, penonton disajikan sebuah penampilan yang luar biasa dari Gamelan Srikandi NTB Gemilang. Persembahan itu juga merupakan bentuk kecintaaan pada budaya yang diwarisi oleh nenek moyang masyarakat NTB.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here