BPK Akui Efektivitas Penanganan Pandemi Covid-19 di NTB

192
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (tengah) saat menerima penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) atas penangangan Pandemi Covid-19, dari BPK Perwakilan Provinsi NTB, di Auditorium BPK Perwakilan NTB, Jumat (18/12).
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah (tengah) saat menerima penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) atas penangangan Pandemi Covid-19, dari BPK Perwakilan Provinsi NTB, di Auditorium BPK Perwakilan NTB, Jumat (18/12).

Oleh: ABDUL RASYID ZAENAL |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Berdasarkan hasil pemeriksaan kinerja atas efektivitas penanganan Pandemi Covid-19 bidang kesehatan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTB menyimpulkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB cukup efektif dalam melakukan penanganan Pandemi Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah yang hadir dalam penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dan Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) atas penangangan Pandemi Covid-19 mengapresiasi sinergi yang telah dilakukan BPK NTB dengan Pemprov NTB dan DPRD Provinsi NTB dalam menangani masalah kesehatan Covid-19. ‘’Alhamdulilah kinerja BPK dengan Pemerintah Daerah sangat baik, sehingga BPK NTB dapat bekerja dengan maksimal dan semoga kerjasama ini bisa terus dilanjutkan,’’ kata Gubernur, di Auditorium BPK Perwakilan NTB, Jumat (18/12).

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Provinsi NTB, Hery Purwanto menjelaskan bahwa pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengukur apakah penanganan Pandemi Covid-19 telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam penanganan Pandemi Covid-19. ‘’Pemeriksaan kinerja atas efektivitas penanganan Pandemi Covid-19 pada Pemprov NTB meliputi, pengelolaan atas pengujian, penelusuran kasus, perawatan dan edukasi serta sosialisasi,’’ ujarnya.

Melalui rekomendasi hasil pemeriksaan BPK lanjutnya, Pemprov NTB diharapkan membuat dan melaksanakan perbaikan kebijakan yang tepat sasaran. ‘’Mengingat rekomendasi hasil pemeriksaan mempunyai karakteristik, antara lain rekomendasi diberikan hanya kepada pihak yang bertanggung jawab dan rekomendasi harus disampaikan sejalan dengan tujuan, temuan dan kesimpulan hasil pemeriksaan,’’ ungkapnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB, H Mori Hanafi mengucapkan rasa syukurnya kepada BPK NTB yang telah memberikan saran dan masukan kepada Pemprov NTB. Mori Hanafi berharap sinergi dan kerjasama yang baik terus dijalankan untuk mengurangi kekeliruan dan dapat dijadikan pembelajaran bagi Pemprov NTB. ‘’Kami atas nama DPRD Provinsi NTB, terima kasih atas penyerahan LHP ini. Semoga dapat dijadikan pembelajaran bagi Pemprov NTB kedepannya,’’ katanya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here