Bupati Sukiman Kembali Akan Bantu Modal Alih Usaha Pedagang Miras

Suasana pemusnahan barang bukti (BB) miras.
Suasana pemusnahan barang bukti (BB) miras.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Masih ingat, saat HM Sukiman Azmy menjadi Bupati Lombok Timur jilid pertama (2009-2013) lalu, sempat mengeluarkan kebijakan yakni memberikan pembinaan kepada para produsen dan pengedar miras tradisional di Lombok Timur. Nampaknya kebijakan itu akan diulangi lagi di tahun ketiga kepemimpinan SUKMA.

Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy menyatakan tahun 2021 mendatang Pemerintah akan melakukan pembinaan bagi para produsen dan distributor miras tradisional yang ada di daerah ini. Kebijakan ini dimaksudkan Bupati Sukiman agar para produsen miras tradisional tersebut dapat mengalihkan produksi atau usaha mereka ke produksi barang atau usaha yang halal dan lebih menyehatkan.

Bupati Sukiman menyampaikan selain program pembinaan bagi produsen yang akan dilakukan melalui Dinas Sosial tersebut juga akan dilakukan bagi pengecer. Menurut Bupati Sukiman, pengecer akan diberikan modal agar beralih dari pengecer minuman keras ke komoditas lainnya.

Demikian penegasan disampaikan Bupati Sukiman saat pemusnahan barang bukti miras di Taman Rinjani Selong, Jumat (18/12). Bupati juga menyinggung bahaya konsumsi miras, dan menyebut dampak yang ditimbulkan peredaran miras tersebut. ‘’Sebanyak 4.400 L brem, tuak dan bir telah ditemukan, tidak bisa dibayangkan berapa banyak orang yang menkonsumsi barang tersebut. Jika satu orang mengonsumsi 1 L, berarti ada 4.400 orang yang rusak syarafnya akibat meminum minuman keras,’’ sesal Bupati Sukiman.

Jumlah konsumen minuman keras pada tahun 2020 di Lombok Timur meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini disebabkan semakin berkembangnya sistem distribusi, salah satunya melalui jalur online. Karenanya, Satpol PP berkomitmen untuk terus mengawal dan mencegah peredaran miras di daerah ini.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Timur beserta anggota selaku pelaksana kegiatan pemusnahan BB miras tersebut. Barang bukti miras yang ditemukan sepanjang bulan September-Oktober 2020 dan akan dimusnahkan, antara lain; 26 jerigen kecil miras jenis tuak isian 30 L : 780 L, 5 Jerigen besar miras jenis tuak isian 40 L, 7 ember kecil miras jenis brem isian 20 liter, 5 ember besar miras jenis brem isian 50 liter, 11 bak besar miras jenis brem isian 30 liter, 7 ember besar jenis tuak isian 50 liter, 1.038 botol miras jenis tuak isian 1,5 liter, 1.078 liter miras jenis brem isian 0,5 liter, 135 liter miras jenis brem 1,5 liter, 120 botol miras jenis bir bintang.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here