Sekda Lotim Yakin Penyaluran BPNT Akan Semakin Baik

155
Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, HM Juaini Taupik.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Program penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) tahun 2021 ini diyakini akan lebih terarah dan lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Semua pihak yang terlibat dalam program tersebut diharapkan bersinergi satu sama lainnya, sehingga masyarakat Kelompok Penerima Manfaat (KPM) akan lebih merasakan program tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim yang juga sebagai Ketua Koordinasi Bantuan Sosial (Bansos) Kabupaten Lotim, HM Juaini Taupik menerangkan, Pemkab Lombok Timur terus mengupayakan perbaikan pelayanan terhadap para KPM tersebut. 

‘’Tentu saja dengan perbaikan pelayanan tersebut nantinya tidak akan menimbulkan kesan bahwa ada KPM yang menerima bahan pangan non tunai tersebut berkualitas buruk,’’ kata HM Juaini Taupik, di Selong, Rabu (6/1).

Hajat beberapa Kepala Desa di Lotim yang ingin memaksimalkan fungsi BUMDes menjadi pemasok (supplier) bahan pangan bagi KPM, menurut Taupik, hajat para Kades dimaksud dapat dimaklumi Pemda. ‘’Para Kades ingin agar perputaran uang di desanya lebih hidup dengan memaksimalkan BUMDes-nya,’’ ujarnya.

Bagi Juaini Taupik, tentu akan mengakomodir keinginan BUMDes tersebut. ‘’Tentu saja para pengelola BUMDes tersebut harus menjalankan unit usaha BUMDes-nya dengan manajemen modern.

Kalau memang ada item bahan pangan yang masuk program BPNT tersebut dikelola oleh BUMDes, tentu saja pengelola BUMDes lebih baik melayani warga desanya sendiri ketimbang mempersilakan pemasok dari luar desanya.

Tata kelola BUMDes yang mengutamakan kualitas barang bagi pelayanan kepada KPM yang ada di desanya, tentu saja akan membuat multiplier effect terhadap perkembangan di desa tersebut, baik UMKM setempat maupun keuntungan bagi penduduknya. ‘’Masyarakat akan menerima bahan pangan yang berkualitas tinggi, BUMDes pun untung,’’ katanya sembari menambahkan, keuntungan BUMDes pada akhirnya akan mengembangkan pertumbuhan ekonomi di desa itu sendiri.

Pemkab Lotim selanjutnya juga akan menata sistem penyaluran yang lebih efektif dengan mengacu kepada pedoman umum (Pedum) penyaluran BPNT dimaksud. ‘’Kita intinya menginginkan dengan pelayanan yang lebih efektif dan efisien akan membuat bahan pangan yang diterima oleh KPM tersebut lebih berkualitas dari penyaluran sebelumnya,’’ ungkapnya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here