Sukiman—Rumaksi Seirama Mewarning Semua OPD Hindari Jeratan Hukum

293
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (tengah); Wabup Lotim, H Rumaksi (kiri), Kepala Kejaksaan Negeri Selong, Irwan Setiawan Wahyuhadi (kanan) saat rakor di Rupatama I Kantor Bupati Lotim.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengingatkan agar pimpinan OPD serta Camat berhati-hati dalam pelaksanaan berbagai kegiatan. Hal tersebut guna menghindari jeratan hukum. Aspek akuntabilitas dan transparansi sudah semestinya diutamakan selain komunikasi dan koordinasi yang baik. Hal tersebut disampaikan Bupati pada Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kejaksanaan Negeri Selong, Kabupaten Lombok Timur, yang berlangsung, Rabu (13/1).

Senada, Wakil Bupati (Wabup) Lotim, H Rumaksi Sj yang hadir pada rapat yang berlangsung di Rupatama 1 Kantor Bupati itu juga mengingatkan pentingnya komunikasi, utamanya terkait kerja sama dengan Kejaksanaan Negeri Selong untuk pendampingan berbagai program pembangunan di daerah ini.

Meski begitu, Wabup menekankan agar para pimpinan OPD tidak melihat kerja sama ini sebagai unsur yang menyebabkan menggampangkan perkara perdata maupun tata usaha Negara. Menurut Wabup, kerja sama ini harus dimanfaatkan melalui pendampingan untuk mencegah terjadinya kasus hukum.

Kehati-hatian, koordinasi, dan komunikasi disampaikan pula Kepala Kejaksanaan Negeri Selong, Irwan Setiawan Wahyuhadi. Diingatkannya agar para pelaksana tidak melaksanakan kegiatan atau program yang dinilai bertentangan dengan peraturan perundangan.

Ia bahkan menyarankan agar pelaksana dapat memberikan masukan kepada pimpinan sehingga dapat terhindar dari kasus hukum. Terlebih untuk kasus korupsi jangka waktunya (kedaluwarsa) kasus mencapai 18 tahun.

Kerja sama Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dengan Kejaksanaan Negeri Selong telah berhasil menyelamatkan sejumlah kekayaan negara dan aset melalui pendampingan fisik dan non fisik di berbagai bidang, mulai dari kesehatan, irigasi, maupun infrastruktur lainnya.

Namun disayangkan sejumlah OPD masih bersifat pasif dan segan untuk berkomunikasi dengan pihak Kejaksaaan Negeri Selong. Karenanya, Kejaksaan Negeri Selong menyediakan pelayanan publik secara daring untuk semua bidang yang ada di Kejaksaan.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here