Naikkan IPM Lotim, Bupati Sukiman Berbagi Beban dengan TPPAD

215
Suasana audiensi TPPAD dengan Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy.

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID –  Bumi Patuh Karya menyimpan potensi yang besar. Sayangnya potensi tersebut belum dapat dikembangkan secara optimal untuk memenuhi hajat masyarakat. Alasan itulah Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) bagi-bagi beban dengan membentuk Tim Pengembangan Potensi dan Aset Daerah (TPPAD).

Payung hukum terlahirnya TPPAD ini, Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengeluarkan Keputusan Bupati No.188.45/592/EKO/2020 tentang Pembentukan Tim Pengembangan Potensi dan Aset Daerah tahun 2020-2021. Tim ini terdiri dari tim investasi dan tim percepatan pembangunan daerah.

Tim yang berasal dari berbagai kalangan seperti akademisi maupun praktisi ini, diharapkan dapat melakukan analisa kelayakan dan pertimbangan terhadap aset yang ada, agar dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy bersilaturahmi dengan Tim tersebut pada Rabu (13/1). Dalam arahannya, Bupati Sukiman berharap dua komponen yang ada dalam tim tersebut yaitu eksternal dan internal Pemkab Lotim nantinya mampu bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik. ‘’Paling tidak bisa memprogresifkan OPD agar dapat memenuhi target-target yang ada,’’ kata Bupati Sukiman.

Bupati Sukiman menekankan dua hal yang harus menjadi fokus tim ini. Tim diharapkan bisa membuat terobosan-terobosan dengan membangun koordinasi dengan pihak kementerian, provinsi, atau lembaga-lembaga di atas Pemerintah Daerah agar percepatan pembangunan dapat terealisasi.

Tak hanya itu, tim juga diminta agar mampu menggali dan terus mengoptimalkan potensi daerah, sehingga mampu mendukung pemenuhan target PAD masing-masing OPD. Bupati Sukiman menyadari adanya tantangan tersendiri menyatukan pola pikir antara dua komponen yang ada dalam satu tim ini. Karenanya, diperlukan koordinasi dan kerjasama yang baik, sehingga tujuan peningkatan IPM yang progresive dapat terwujud.

Ketua Tim Pengembangan Potensi dan Aset Daerah (TPPAD) Kabupaten Lombok Timur tahun 2020-2021, Dr Prayitno Basuki sepakat dengan penyampaian Bupati Sukiman. Dirinya meyakini keberadaan tim ini dapat mengoptimalkan aset Pemda bagi pelaksanaan pembangunan yang nantinya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Lombok Timur.

Tentu dapat dipastikan, publik Patuh Karya menanti hasil di sisa masa jabatan kepemimpinan paket SUKMA yang kurang dari 3 tahun ini, berapa digit IPM Lombok Timur yang kini berada dalam posisi 8 dari 10 kabupaten/kota di NTB, akan naik peringkat atas hasil kerja TPPAD ini.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here