75 TKI Asal Lotim Dibawa ke Rusunawa

252
Kadishub Kabupaten Lotim, Purnama Hadi (baju putih) saat memimpin tim penjemputan TKI di BIZAM, Kamis (21/1).

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sebanyak 75 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Lombok Timur (Lotim) yang pulang dari Negeri Jiran Malaysia hari ini, Kamis (21/1), dijemput di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM).

Penjemputan dilaksanakan oleh petugas Patwal Dinas Perhubungan bersama petugas Disnaker Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan armada bus DAMRI sebanyak 3 buah berkapasitas 25 orang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Timur, Purnama Hadi kepada Redaksi Lomboktoday.co.id melalui pesan WhatsApp (WA) menjelaskan bahwa Pesawat AirAsia Flight QZ 462 yang mengangkut para pahlawan devisa itu mendarat di BIZAM sekitar pukul 12.45 Wita.

Petugas BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) Provinsi NTB bersama petugas Disnakertrans Provinsi NTB langsung melalukan verifikasi mulai pukul 13.15 Wita hingga 15.00 Wita.

Mantan Kalak BPBD Lotim itu menyebutkan, jumlah TKI asal Kabupaten Lombok Timur yang tiba hari ini sebanyak 75 orang dewasa, terdiri dari pria 70 orang dan 5 wanita ditambah 2 orang anak.

Usai verifikasi, para TKI berangkat dari BIZAM yang dikawal 12 orang personel Patwal dari Dishub berangkat pukul 15.20 Wita dan tiba di Rusunawa pada pukul 17.00 Wita. Semua TKI telah sampai di Rusunawa dengan keadaan selamat.

Diperkirakan dalam pekan ini, jumlah TKI yang akan balik ke kampung halaman sekitar 300 orang. Penjemputan kloter 2, 3 dan 4 kembali akan dilakukan pada Sabtu (23/1) pekan ini, dan  Kamis (28/1) serta Sabtu (30/1) pekan depan.

Purnama Hadi menambahkan, tindakan ini diambil Pemkab Lotim masih dalam konteks pengendalian Covid-19 guna mencegah penularan dan mengantisifasi munculnya klaster baru.

Sejauh ini, Purnama Hadi mengaku belum mengetahui pasti apakah seluruhnya akan menjalani karantina ataukah tidak. ‘’Mungkin tergantung dari hasil swab test oleh tim medis,’’ ujar pria kelahiran Mendana Raya, Kecamatan Keruak itu.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here