Sekda NTB: Lombok Barat Bisa Jadi Best Practice Proyek PJU

182
Sekda NTB, HL Gita Ariadi ketika menerima silaturahmi Asisten II dan beberapa pejabat Setda Kabupaten Lombok Barat, di Ruang Rapat Sekda NTB, Kamis (21/1).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, HL Gita Ariadi mengapresiasi Kabupaten Lombok Barat (Lobar) sebagai salah satu kabupaten yang berhasil dalam perencanaan proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) guna mewujudkan Lombok Barat Terang Benderang.

‘’Kita sangat mengapresiasi progres proyek PJU Kabupaten Lombok Barat. Kita mendukung seluruh kabupaten yang ada di NTB untuk mengikuti best practice dari Lombok Barat agar dapat diadopsi, sehingga akan ada akselerasi pembangunan, peningkatan pelayanan publik dan sebagainya,’’ kata Sekda NTB, HL Gita Ariadi ketika menerima silaturahmi Asisten II dan beberapa pejabat Setda Kabupaten Lombok Barat, di Ruang Rapat Sekda NTB, Kamis (21/1).

Asisten II Setda Kabupaten Lombok Barat, Rusditah menjelaskan, bahwa proyek KPBU-PJU Kabupaten Lombok Barat dipersiapkan sejak tahun 2018. Rencananya, penerangan jalan disiapkan sebanyak 12.005 titik yang berlokasi di jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten dengan total 176 ruas jalan. ‘’Dengan proses yang cukup panjang telah kami lakukan seperti melakukan beberapa pelatihan, magang ke Bappenas bersama BKPM dan LKPP selalu membimbing kami hingga sampai di tahap meminta rekomendasi Gubenur NTB,’’ katanya.

Proyek PJU Kabupaten Lobar sudah sampai di tahap rekomendasi Gubernur NTB untuk dibawa ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Setelah disetujui, maka akan dilakukan proses pengumuman kepada seluruh media. ‘’Insya Allah apabila disetujui Mendagri, maka kami akan melakukan pengumuman selama satu bulan di media nasional dan setelah itu akan dilakukan pelelangan,’’ ujarnya.

Selain itu, Rusditah juga mengungkapkan target dari Kabupaten Lombok Barat untuk dapat menjamin kesejahteraan masyarakat Lobar. ‘’Harapannya, Kabupaten Lombok Barat Terang Benderang, kita dapat menjamin tingkat keamanan, kenyamanan baik itu masyarakat maupun wisatawan dapat terjamin dan menjadi tujuan nasional dalam kesejahteraan masyarakat,’’ ungkapnya.

Kedatangan Rusditah bersama beberapa pejabat Setda Kabupaten Lombok Barat tersebut dalam rangka Penyampaian Dokumen Permohonan Rekomendasi Avaibility Payment Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha di bidang Penerangan Jalan Umum (AP KPBU PJU) Unsolicited (atas prakarsa badan usaha) di Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here