Meski Telah Divaksin Covid-19, Gubernur NTB Imbau Warga Tetap Terapkan 5M

461
Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat disuntik Vaksin Covid-19 tahap II.

Oleh: ABDUL RASYID ZAENAL |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, meski setelah menerima Vaksin Covid-19. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi.

‘’Setelah Vaksin Covid-19 tahap I dan II ini, bukan berarti kita boleh abai terhadap protokol kesehatan. Seakan-akan kita sudah merdeka dari Virus. Padahal, jika abai masih mungkin terpapar,’’ kata Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat wawancara dengan sejumlah awak media usai menjalani vaksinasi tahap II di Aula Rinjani RSUD Provinsi NTB, Kamis (28/1).

Oleh karena itu, Gubernur mengajak mayarakat untuk betul-betul patuh dan tetap disiplin menjalankan 5 M guna mempercepat proses memutus mata rantai penularan Covid-19. Gubernur juga mengingatkan agar masyarakat tidak mempercayai berbagai berita hoax tentang vaksin yang tersebar di berbagai media. ‘’Banyak sekali horor story, seperti setelah disuntik vaksin ada yang meninggal dan lain-lain. Padahal, sebenanrya saya disuntik vaksin pun biasa saja. Semoga ini menjadi semangat kepada masyarakat agar ingin juga divaksin,’’ ujarnya.

Pada kegiatan vaksinasi tahap II ini, sebanyak 20 penerima Vaksin Covid-19 terdiri dari Gubernur NTB, Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Forkopimda, Organisasi Profesi, Tokoh Maysarakat dan Tokoh Agama. Selain itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB terkait tenaga kesehatan yang telah divaksin, hingga 28 Januari 2021 mencapai 4.588 orang dari target 9.207 orang tenaga kesehatan.

Pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat (Lobar) telah dilakukan di 48 sarana kesehatan yang tersebar di dua daerah ini. Selanjutnya, Vaksin Covid-19 juga mulai didistribusikan untuk kabupaten/kota yang ada di Pulau Sumbawa sebanyak 18.600 dosis vaksin. Yakni untuk Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima.

Selain mengikuti vaksinasi tahap II, Gubernur didampingi Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah dan Ketua DPRD NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda juga memberikan penghargaan kepada perwakilan 5 orang pendonor plasma konvalesen di RSUD Provinsi NTB yang diterima secara simbolis oleh Budiawan Restu, Iman Jasmani dan Yogi Yanto S.

Plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan setelah terinfeksi.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here