Bupati Lotim Minta DD & ADD 2021 Fokus Untuk Pengendalian Covid-19

584
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (kiri) dan suasana Rapat Koordinasi Lengkap Pengendalian Covid-19, di Masjid Kantor Bupati Lotim, Jumat (29/1).

Oleh: Lalu M Kamil AB |

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Sukiman Azmy meminta pencegahan dan penanggulangan Covid-19 kembali diperkuat. Dan kali ini upaya mulai dari tingkat desa dengan mendirikan Pos Gerbang Desa, membentuk relawan Covid-19, sosialisasi, penyediaan tempat isolasi dengan minimal 10 tempat tidur, dan laporan secara rutin oleh Kepala Desa.

Bupati Sukiman memerintahkan kepada semua Camat paling lambat Sabtu besok (30/1) untuk mengumpulkan semua kepala desa di wilayah masing-masing mulai bergerak. Diingatkannya, dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2021 agar diarahkan fokus untuk penanggulangan Covid-19. ‘’Saya minta semua desa tahun 2021 ini kurangi bangun infrastruktur dan kegiatan-kegiatan lain yang tidak mendesak, tapi arahkan DD dan ADD fokus untuk pengendalian Covid-19 kecuali infrastruktur yang vital dan mendesak,’’ tegas Purnawirawan TNI itu.

Penegasan itu disampaikan Bupati Sukiman pada Rapat Koordinasi Lengkap Pengendalian Covid-19 yang berlangsung di Masjid Kantor Bupati Lombok Timur, Jumat (29/1). Rapat tersebut melibatkan semua unsur tingkat kecamatan seperti Danramil, Kapolsek, Kepala UPT Dikbud, P3AKB, Kepala Puskesmas, KUA.

Bupati Sukiman menekankan secara khusus optimalisasi peran Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas, mulai dari Dinas Pendidikan, P3AKB, hingga Pertanian dan Peternakan untuk menyosialisasikan kembali pentingnya penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lombok Timu, ia juga meminta optimaliasi peran pemuka agama dan keterlibatan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk tujuan sosialisasi ini. Seluruh elemen ini, utamanya Camat, Danramil, dan Kapolsek bersama Kepala Desa memastikan keberadaan desa aman Covid-19 dan merevitalisasi upaya penanggulangan Covid-19.

Diharapkan kolaborasi dan sinergi semua elemen untuk pengendalian Covid-19 yang saat ini kasusnya masih terus mengalami peningkatan. Bupati Sukiman meyakini jika seluruh elemen bekerja optimal, Covid-19 akan dapat dikendalikan seperti halnya di awal penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur.

Sebelumnya, Ahli Epidemiologi, DR Pathurahman memaparkan kondisi Covid-19 di Lombok Timur dan berbagai upaya yang perlu dilakukan untuk pengendaliannya. Salah satu rekomendasinya adalah pentingnya setiap komponen untuk memperhatikan perkembangan kasus yang ada sesuai wilayah masing-masing dan segera mengambil langkah. Upaya preventif adalah yang paling efektif sehingga direkomendasikan pula upaya dilakukan dari lingkungan terkecil seperti desa/kelurahan melalui aksi jaga kampung sendiri.

Rapat Koordinasi yang dibuka Sekda Lotim, HM Juaini Taopik itu, menyampaikan bahwa saat ini Lombok Timur berada di zona oranye, sehingga dibutuhkan kolaborasi seluruh stakeholders untuk keluar dari kondisi tersebut. Sekda mengatakan perkembangan covid di Lombok Timur ke depan apakah ke zona merah atau ke zona kuning. Namun, kata Taopik, dengan kekompakan ikhtiar bersama, dia optimis akan ke zona kuning bahkan hijau.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here