Rp500 Juta, Magnet Perekat Dualisme KNPI Lotim

400
Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Lotim, Izzuddin.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Akhirnya dualisme organisasi DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) harus sama-sama membuang ego. Jika tidak, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Lotim tak dapat mengambil sikap tolerir dalam menyalurkan dana Rp500 juta dari APBD Kabupaten Lotim 2021 untuk pembinaan kepemudaan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Lotim, Izzuddin yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/2), dengan tegas menyampaikan, Pemkab Lotim siap menyalurkan dana pembinaan pemuda melalui KNPI. Namun demikian, pihak Dispora tak bisa merealisasikan kepada dua organisasi yang sama.

Seperti diketahui telah lama terjadi dualisme kepengurusan KNPI Lombok Timur yaitu ada versi Ketua Taupik Hidayat dan versi Ketua Habiburrahman. Pihak Dispora meminta keduanya untuk menyatukan diri.

Izzuddin menjelaskan, antara kubu Taupik Hidayat dan Habiburrahman telah ada kesepahaman menyatukan diri dengan menyusun komposisi kepengurusan khusus untuk Lombok Timur. Di mana, kata Izzuddin, Taupik Hidayat sebagai Ketua Umum dan Habiburrahman sebagai Ketua Pelaksana Harian KNPI. ‘’Kami tidak mau tahu urusan struktur organisasi masing-masing secara vertikal ke pusat. Kami hanya tahunya satu KNPI di tingkat Kabupaten Lombok Timur,’’ kata Izzuddin.

Pihak Dispora juga menegaskan kepada pihak KNPI agar bantuan tersebut disalurkan ke OKP meskipun bukan OKP di bawah KNPI. ‘’Semua organisasi kepemudaan lain yang aktif dapat mengajukan dana pembinaan melalui KNPI,’’ ujarnya.

Untuk saat ini, pihak Dispora tengah meminta KNPI menyusun proposal untuk tahap pertama dan sedang berproses di KNPI. ‘’Dana pembinaan ini akan disalurkan sebanyak tiga tahapan,’’ ucapnya.

Secara terpisah, Ketua Umum KNPI Lotim versi rekonsiliasi Taufik Hidayat yang dihubungi melalui sambungan telephone membenarkan pihaknya telah rekonsiliasi dengan pola kepengurusan seperti yang disebutkan Kadispora Lotim. ‘’Ya, memang benar seperti itu. Kami mengikuti arahan Pak Bupati Lotim,’’ kata Taufik Hidayat.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here