Dewan Pers Verifikasi Faktual JMSI NTB

527
Suasana verifikasi faktual Pengurus Daerah JMSI Provinsi NTB oleh Dewan Pers.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun mengunjungi Sekretariat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi NTB, pada Minggu siang (21/2). Dengan didampingi Sri Lestari selaku Analis Kebijakan Ahli Muda Dewan Pers, kedatangan Hendry Ch Bangun tersebut tak lain dalam rangka untuk melakukan verifikasi faktual Pengurus Daerah (PD) JMSI Provinsi NTB. Wakil Ketua Dewan Pers itu pun disambut hangat seluruh pengurus dan anggota JMSI NTB, serta Sekjend JMSI Pusat, Mahmud Marhaba, dan Ketua Bidang Litbang JMSI Pusat, H Rudi Hidayat.

Usai memeriksa berkas kelengkapan JMSI NTB, Hendry menyatakan untuk verifikasi JMSI, JMSI NTB adalah yang kedua setelah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sementara ini, JMSI masih harus menunggu hingga 10 daerah yang terverifikasi, atau sejumlah 200 perusahaan telah terdata bergabung dengan JMSI sebagai organisasi perusahaan media. ‘’Minimal 10 ya, termasuk di setiap daerah juga minimal 10 perusahaan media. Sementara NTB ini baru yang kedua setelah Kepri,’’ kata Hendry.

Hendry juga menyebutkan, di era Pandemi Covid-19 ini, media harus fokus bertahan hidup. Di tengah situasi sulit ini, banyak perusahaan media yang sudah gulung tikar meski sudah terverifikasi Dewan Pers. Menurutnya, ada beberapa media yang lengkap saat diverifikasi, namun beberapa waktu kemudian perusahaan media tersebut diketahui bangkrut. ‘’Perusahaan media harus fokus untuk bertahan hidup di masa sulit ini, pikirin itu dulu deh jangan yang lain. Banyak tuh yang sudah terverifikasi ujung-ujungnya gulung tikar juga,’’ ujarnya.

Dalam hal ini, lanjut Hendry, sebenarnya inilah fungsi verifikasi dari Dewan Pers yaitu untuk menjamin kesejahtraan, perlindungan dan pendidikan wartawan. Sehingga jangan ada lagi wartawan yang justru menjadi mesin uang perusahaan. ‘’Tujuan verifikasi ini kan menjamin kesejahtraan, perlindungan dan pendidikan wartawan. Jangan sampai malah wartawan yang setor uang ke perusahaan. Semoga JMSI mampu membantu kami dalam mengatasi hal ini,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Ketua JMSI NTB, Boy Mashudi menanggapi optimis hasil verifikasi dari Dewan Pers kepada PD JMSI NTB. Boy merasa yakin kalau JMSI akan segera menjadi konstituen Dewan Pers meski baru hanya dua daerah yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers. ‘’Kita sangat optimis akan segera menjadi konstituen Dewan Pers, meski baru dua daerah saja, Insya Allah daerah lain akan segera menyusul,’’ kata Boy optimis.

Usai penyerahan berkas verifikasi tersebut, kedua perwakilan Dewan Pers itu langsung menuju beberapa kantor media yang ada di NTB, dengan agenda yang sama yakni untuk melakukan verifikasi faktual terhadap media yang sudah dinyatakan lulus verifikasi administrasi.(Sid/jmsi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here