NTB FEST, Meningkatkan Literasi Keuangan di Era Digital 4.0

Asisten II Setda Provinsi NTB, H Ridwan Syah dan Asisten I Setda Provinsi NTB, Hj Baiq Eva Nurcahya Ningsih didampingi Kadis Perdagangan NTB, H Fathurrahman pada saat kegiatan NTB Fest.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Event NTB FEST dari NTB Mall selalu berupaya memasifkan pengenalan produk UMKM lokal yang ada di Provinsi NTB. Itu sebabnya Dinas Perdagangan Provinsi NTB terus menggalakkan NTB Mall dengan rutin menyelenggarakan event di akhir pekan yaitu event NTB FEST.

Event NTB FEST oleh NTB Mall yang digelar mulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 21.00 Wita pada Sabtu (6/3) itu, atas kerjasama pihak Bank BPD Bali Cabang Mataram. Bazar UMKM yang menjadi bintang utama NTB FEST, sangat diminati masyarakat, khususnya pada sore dan malam hari. Di mana, banyak kaum milenial termasuk para influencer NTB yang menghabiskan waktu pada malam Minggu di NTB FEST sembari menikmati kuliner dan produk-produk UMKM NTB. Sedangkan pada pagi harinya, NTB FEST banyak dikunjungi masyarakat yang berbelanja pangan murah berkat partisipasi Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB serta Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB.

Asisten II Setda Provinsi NTB, H Ridwan Syah dan Asisten I Setda Provinsi NTB, Hj Baiq Eva Nurcahya Ningsih turut hadir untuk memeriahkan NTB FEST dan belanja produk-produk UMKM di NTB Mall, yang didampingi langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan NTB, H Fathurrahman. Tak ketinggalan hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi; Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Deputi BI Kantor Perwakilan NTB, dan Kepala Bank BPD Bali Cabang Mataram.

Asisten II Setda Provinsi NTB, H Ridwan Syah dalam sambutan singkatnya mengingatkan kembali kepada seluruh kalangan pemerintahan, perbankan dan masyarakat untuk terus menggunakan produk lokal NTB guna menggerakkan ekonomi masyarakat dan pemberdayaan UMKM NTB. ”Kita harus buat UMKM ini menjadi berdaya,” kata Ridwan Syah.

Sementara itu dalam sesi edukasi Literasi Keuangan dengan tema ”Meningkatkan Literasi Keuangan di Era digital 4.0” yang menjadi rangkaian NTB FEST, Kepala Bank BPD Bali Cabang Mataram berkesempatan pula menyampaikan tentang QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yaitu standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia (BI) agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

QRIS diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para UMKM NTB dalam melakukan transaksi. QRIS juga menjadi salah satu terobosan Bank Indonesia dalam upaya pengembangan sistem ekonomi digital, guna mempercepat transformasi digital yang menjadi program utama Pemerintah Pusat.

Di samping itu, juga dilakukan penyerahan hadiah bagi 3 (tiga) orang pemenang lomba video TIKTOK yang diraih oleh akun @bayuaditama_, @mustafabisri dan @opsiee.daisy.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Itu sebabnya ia menghadiri langsung event NTB FEST ini untuk memberikan apresiasi kepada NTB Mall. ”Karena kita di sini untuk selalu bersinergi dengan pemerintah setempat dan instansi lain,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan NTB, H Fathurrahman saat mendampingi para tamu undangan sempat menjelaskan terkait acara tersebut. Fathurrahman mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan UMKM di Provinsi NTB.

Fathurrahman menjelaskan bahwa pihaknya akan menghubungkan para pelaku UMKM dengan para pihak perbankan, sehingga sebuah hubungan antara pelaku UMKM yang ada di daerah ini dengan para pihak termasuk perbankan, setidaknya nanti bisa dibantu dari segi permodalan. ”Ayo bela beli produk lokal di NTB Mall,” kata Fathurrahman.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here