Dewan Pers Nyatakan JMSI Sumbar Lulus Verfak

175
Suasana verifikasi faktual JMSI Sumbar oleh tim verfak Dewan Pers.

PADANG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dewan Pers (DP) melakukan verifikasi faktual (verfak) kepengurusan daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada Ahad (7/3) malam. Secara nasional, JMSI Provinsi Sumbar merupakan pengurus daerah yang kelima diverifikasi secara faktual oleh Dewan Pers setelah Kepri, NTB, Sumatera Utara (Sumut) dan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dari 19 keanggotaan yang diverifikasi Ketua Tim Verfak Dewan Pers, Jamalul Insan didampingi dua orang sekretariat, Irwan dan Fajar, 16 media dinyatakan memenuhi syarat. Pun begitu dengan persyaratan legalitas pengurus daerah. ‘’Setelah diteliti legalitas organisasi dan kepengurusan serta keanggotaan, JMSI Sumatera Barat felah memenuhi syarat. Untuk keanggotaan, telah melewati ambang batas keanggotaan sebanyak 10 media,’’ kata Jamalul Insan.

Jamal berpesan, JMSI Sumatera Barat aktif mendorong anggota untuk diverfak Dewan Pers. Kemudian, berperan aktif menciptakan iklim industri pers yang sehat dan bermartabat. Verfak JMSI Sumatera Barat ini dikawal langsung oleh Sekjen JMSI, Mahmud Marhaba dan Novermal Yuska (Ketua Bidang Hukum dan Advokasi) JMSI.

Verfak ini sendiri dihadiri Ketua JMSI Sumatera Barat, Syahrial Azis, dan Aguswanto (sekretaris), Al Imran (bendahara) serta pegurus lainnya seperti Yuliadi Chandra, Helmi Boy, Thamrin, Daniel, Herlina dan lainnya.

Dinyatakan lulus verfak, Syahrial Azis mengucap syukur Alhamdulillah. Dia menyebut, setelah dilantik 27 Desember 2019 lalu, pada 6 Maret 2021 kemarin, juga telah melaksanakan rapat kerja daerah pertama.

Ditambahkan Aguswanto, 19 anggota JMSI Sumbar yang diusulkan untuk diverifikasi faktual terdiri dari 4 media sudah terverifikasi secara faktual. Sebanyak 4 media lagi, telah berstatus terverifikasi administrasi oleh Dewan Pers. Empat media, legalitas akta perusahaan telah sesuai dengan ketentuan. Sebanyak empat media, tujuan perusahaan (pasal 3 akta) ada media onlinenya, tapi masih bercampur dengan usaha lain. Sisanya sebanyak 3 media lagi, pasal 3 akta perusahaan tak sesuai dengan ketentuan.

‘’Kita mengucapkan terima kasih pada Tim Verfak Dewan Pers yang telah bersedia ‘’diculik’’. Karena, begitu mendarat di bandara sekitar pujul 17.30 WIB, langsung kita bawa ke Sekretariat JMSI untuk melakukan verfak,. Seharuanya, beristirahat ke hotel untuk besoknya melaksanakan UKW yang digelar PWI Sumbar, 8-9 Maret. Alhamdulillah, dalam waktu kurang dari 2,5 jam verfak, JMSI Sumbar dinyatakan lulus. Terima kasih pada kawan-kawan anggota dan para pihak lain yang mendukung penuh verfak ini,’’ kata Aguswanto.

Yang diverifikasi faktual oleh Dewan Pers, yakni kantor Pengda JMSI Sumbar dengan sejumlah atributnya seperti perlengkapan kantor, bendera plus pataka, gambar Presiden dan Wapres tersedia di dalam ruangan kantor. Selanjutnya, papan nama organisasi serta kelengkapan badan hukum perusahaan pers yang tergabung dalam Pengda JMSI. Di antaranya, fotocopy akta masing-masing perusahan pers, fotocopy Kemenkum HAM dan program kerja Pengda JMSI. Kemudian, fotocopy AD/ART, fotocopy NPWP, fotocopy buku rekening Pengda JMSI, fotocopy KTP pengurus (ketua, sekretaris, bendahara dan minimal 2 pengurus lainnya). Juga keterangan domisili kantor dan papan struktur pengurus. Sementara hari ini, Senin (8/3), akan dilakukan verifikasi faktual untuk Pengda JMSI Provinsi Jawa Timur (Jatim).(Sid/jmsi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here