FKSPP Lotim Rampungkan Draft Raperda Ponpes

217
Tim penyusun draft Raperda tentang Ponpes Lotim.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Forum Kerja Sama Pondok Pesantren (FKSPP) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) berhasil merampungkan pembahasan draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pondok Pesantren (Ponpes) setelah melalui pembahasan selama sepekan oleh tim yang dibentuk FKSPP Lotim. Dan final pembahasannya pada Sabtu (27/3).

Penyusunan draft ini sebagai tindak lanjut hasil hearing FKSPP Lotim dengan DPRD Kabupaten Lotim, pada Senin (15/3) lalu, yang diikuti oleh pengurus dan anggota FKSPP Lotim. Hearing yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Lotim, Murnan, dan Wakil Ketua, Badran Achsyid, bertujuan meminta DPRD Lotim untuk menerbitkan Perda tentang Pondok Pesantren.

Dalam hearing tersebut, pihak DPRD Lotim mengamini aspirasi FKSPP Lotim untuk mencetuskan sebuah Perda tersendiri tentang Pondok Pesantren sebagai turunan dari terbitnya Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2019 tentang Pondok Pesantren. Pimpinan DPRD Lotim menyetujui draft Raperda ini disusun sendiri oleh FKSPP.

Inti penekanan dari maksud mengusulkan Perda ini adalah agar Pemerintah Kabupaten Lotim dapat memberikan anggaran khusus untuk Pondok Pesantren melalui APBD Lotim setiap tahun. Menurut rencana, pihak FKSPP akan menyerahkan draft Raperda ini melalui pimpinan DPRD Lotim pada Rabu (31/3) pekan depan. ‘’Kami akan menyerahkan draft ini pada hari Rabu mendatang kepada pimpinan DPRD Lotim untuk segera dibahas,’’ kata Ketua KDPP Lotim, HM Mugni usai pembahasan draft.

Mugni yang juga Kadis Pariwisata Kabupaten Lotim ini berharap kepada pihak DPRD Lotim agar memprioritaskan untuk pembahasan Raperda tentang Ponpes ini. ‘’Kami mohon agar pihak DPRD Lotim memprioritaskan pembahasannya,’’ ujarnya sembari menyatakan sangat mengapresiasi atas respon pihak DPRD Lotim yang menyetujui pembuatan Perda Ponpes ini.

Untuk penyusunan draft ini, FKSPP melibatkan 10 orang anggota sebagai tim penyusun. Di antaranya; HM Mugni, TGH Gunawan Ruslan, H Supnawadi Yusuf, H Mahrup, Lalu M Kamil, Saparuddin, H Mukhtar, Nurlaila, H Muhayyan, H Hamdan Ali.(LMK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here