Polres Sumbawa Barat Pastikan Kamtibmas Kondusif Pasca Bom Bunuh Diri di Makassar

Jajaran Polres Sumbawa Barat bersama anggota Kodim 1628/SB menggelar patroli guna mengantisipasi dampak pasca bom bunuh diri di Makassar.

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Aksi bom bunuh diri yang terjadi di depan Gereja Katedral Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Minggu (28/3) sekitar pukul 10.30 Wita, mendapat reaksi berbagai pihak di tanah air. Polres Sumbawa Barat bersama Kodim 1628/SB gerak cepat menggelar Apel dan Patroli Skala Besar, guna memastikan kondusifitas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kapolres Sumbawa Barat melalui Paur Humas, IPDA Eddy Soebandi mengatakan, sesuai perintah Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal, agar semua Polres jajaran melakukan patroli skala besar, untuk memastikan pemeliharaan Kamtibmas di wilayah hukum masing-masing.

‘’Sekitar pukul 14.00 Wita bertempat di Mako Polres Sumbawa Barat, telah dilaksanakan apel persiapan Patroli Skala Besar yang melibatkan personel TNI dari Kodim 1628/Sumbawa Barat, yang dipimpin Kabag Ops Polres Sumbawa Barat,’’ katanya.

Dikatakan, apel persiapan dalam rangka Patroli Skala Besat itu dimaksudkan untuk membuat rasa aman, khususnya bagi umat nasrani di wilayah hukum Sumbawa Barat, yang akan melaksanakan Hari Raya Paskah tahun ini. ‘’Kita akan melaksanakan patroli di wilayah Kecamatan Maluk, karena hanya di wilayah Maluk terdapat gereja,’’ ujarnya.

Perwira Pertama (Pama) Polri itu menuturkan, di Kecamatan Maluk terdapat tiga rumah ibadah umat nasrani, yakni Penta Costa Desa Benete, Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Syalom Desa Maluk, dan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Rock Desa Bukit Damai. ‘’Di Kecamatan Maluk tim gabungan menemui tiga pendeta di masing-masing rumah ibadah, yakni Pendeta Alfrets Kerap di Penta Costa, Marety Halundaka S.Si-Teol di GMIT Syalom, dan Pendeta Agus Marada di GBI Rock. Dari ketiga pendeta itu, kami mendapatkan informasi bahwa pada 2 April mendatang, akan dilaksanakan ibadah Jumat Agung sebagai rangkaian Paskah di masing-masing rumah ibadah,’’ ungkapnya.

Sertelah melaksanakan patroli ke rumah ibadah umat nasrani, usai shalat Ashar di Masjid Al-Ikhlas Desa Bukit Damai, personel gabungan bergeser ke destinasi wisata Pantai Pasir Putih dan Pantai Poto Batu. ‘’Di dua lokasi wisata itu, tim gabungan membagikan sebanyak 250 masker gratis, kepada para pengunjung sekaligus melakukan sosialisasi kamtibmas dan protokol kesehatan, guna menyukseskan program Kampung Sehat 2,’’ katanya.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here