Gubernur NTB Resmikan Masjid Bantuan Pascagempa

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah saat meresmikan Masjid Al-Falah di Dusun Baro, Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Senin (5/4).

LOMBOK UTARA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Masjid Al-Falah di Dusun Dasan Baro, Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara (KLU) adalah salah satu masjid yang dibangun dari donasi bantuan pasca gempa 2018. Berarsitektur modern dengan fasilitasnya, masjid yang terletak di atas ketinggian ini diserahterimakan dan diresmikan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, Senin (5/4). ‘’Masjid ini indah. Fasilitasnya juga modern tapi jangan lupakan fungsinya sebagai tempat ibadah,’’ kata Gubernur.

Gubernur mengatakan, keindahan bangunan masjid tidak berarti kalau tidak diramaikan oleh jamaah setiap saat. Terlebih menjelang Ramadhan, aktivitas ibadah biasanya meningkat dari bulan biasanya dengan tarawih dan tadarus Al-Quran. Selain itu, Gubernur juga mengingatkan pengelolaan yang baik sebagai bentuk syukur karena warga Dusun Dasan Baro akhirnya memiliki masjid yang baik dan juga indah.

Ta’mir Masjid Al-Falah yang juga ketua panitia pembangunan, Husni Arif menjelaskan, masjid seluas 14 x 14 meter ini dibangun dengan anggaran Rp700 juta. Delapan puluh persen didanai oleh donatur tunggal dan sisanya dari swadaya masyarakat. Pembangunan masjid dimulai sejak Januari setelah selama dua tahun pasca gempa, warga masyarakat beribadah di masjid sementara yang kondisinya tak layak. Dengan arsitektur modern, masjid ini juga dilengkapi fasilitas toilet bergaya hotel.

‘’Banyak suka duka pembangunan masjid ini. Saya meminta keikhlasan warga selama proses pembangunan untuk bersama-sama merawat masjid ini selanjutnya,’’ kata Arif.

Masjid Al-Falah dibangun dari donasi perseorangan. Diwakili Hj Winda, pihak donatur juga berharap pengelolaan terutama kebersihan dan perawatan masjid menjadi prioritas. ‘’Masjid ini sumbangan dari Bapak Hengky dan Ibu Dinar, pengusaha dari Jakarta. Pengurus masjid bertanggungjawab agar semua warga dan jamaah bersama merasa memiliki masjid,’’ ujarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *