Hj Niken: Pengurus Terpilih Harus Terus Angkat Potensi Seni dan Kasidah Kabupaten Bima

344
Ketua DPW LASQI Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati saat melantik pengurus DPW LASQI Kabupaten Bima, di kantor Bupati Bima Godo Kecamatan Woha, Senin (12/4).

BIMA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (DPW LASQI) Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati menyampaikan harapannya agar ketua dan pengurus DPW LASQI Kabupaten Bima masa bakti 2021-2025, terus mengangkat dan mengembangkan potensi seni dan kasidah di Kabupaten Bima.

‘’Kabupaten Bima memiliki potensi yang sangat bagus di bidang seni dan kasidah. Bahkan kiprahnya sudah merambah tingkat Nasional untuk mewakili Provinsi NTB dalam berbagai festival LASQI,’’ kata Ketua DPW LASQI Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati saat melantik pengurus DPW LASQI Kabupaten Bima, di kantor Bupati Bima Godo Kecamatan Woha, Senin (12/4).

Oleh sebab itu, potensi ini harus diangkat dan dikembangkan, agar bisa bersaing dengan kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia. Dalam pembinaan LASQI, kata Hj Niken, bukan hanya sekadar lomba di tingkat kabupaten atau provinsi, tapi juga bagaimana pembinaan dilakukan di tingkat kecamatan hingga desa.

Alangkah indahnya apabila kesenian tradisional seni Islam dan kasidah dapat diarahkan sebagai alternatif hiburan bagi masyarakat. Sehingga anak-anak, remaja, hingga dewasa mencintai ini. Dan dapat dipentaskan pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Di samping kasidah rebana, ada juga kasidah kolaborasi yang menampilkan seniman tari, suara untuk ikut menampilkan performance yang indah dilihat dan didengar. ‘’Ini tanggungjawab LASQI untuk terus perkenalkan seni Islam dan kasidah,’’ ucapnya. Untuk itu, sinergi dan kerjasama antar pengurus yang memiliki potensi dan bakat dalam koreografer seni dan kasidah harus terus dibangun dan dijaga.

Ketua Tim Penggerak PKK NTB ini juga mengapresiasi ketua dan kepengurusan DPW LASQI Kabupaten Bima yang telah memiliki pengurus hingga tingkat kecamatan. Terbukti hari ini, pelantikan pengurus DPW Kabupaten, juga sudah memiliki ketua DPW kecamatan. ‘’Ini tidak terlepas dari tangan dingin ketua LASQI Kabupaten,’’ pujinya.

Dalam waktu dekat, Provinsi NTB akan menjadi tuan rumah festival LASQI tingkat Nasional, yang direncanakan sekitar bulan Oktober 2021. ‘’Harapannya Kabupaten Bima dapat menampilkan performance terbaiknya dengan pengurus baru ini,’’ kata istri Gubernur NTB ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Bima, H Dahlan M Noer mengaku bahwa terbentuknya LASQI ini dapat memberikan kemajuan bagi seni dan kasidah di Kabupaten Bima. Harus menjadi perhatian bersama, mulai bergesernya budaya lagu bernuansa religi dan seni Islam di tengah masyarakat. Kegiatan sosial kemasyarakatan kini banyak diisi dengan lagu berirama dangdut campuran. ‘’Maka perlu diisi dengan seni budaya dan kasidah,’’ kata Wabup.

Tujuan lainnya adalah mendongkrak dunia pariwisata di Bima dan NTB pada umumnya. ‘’Apalagi kasidah ini sudah mem-booming di masyarakat Indonesia. Sehingga semangat pengurus baru DPW LASQI Kabupaten Bima dapat memajukan dan meningkatkan seni dan kasidah di Bima,” ujarnya.

Ketua DPW LASQI Kabupaten Bima, Hj Rostiati Dahlan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas keluangan waktu  Ketua DPW LASQI Provinsi NTB yang telah memberikan perhatian kepada pengurus baru. ‘’Terima kasih kepada Hj Niken Saptarini telah bersama kami hari ini,’’ kata Ketua TP PKK Kabupaten Bima ini.

Hj Rostiati mengatakan akan terus berbenah dan membawa kepengurusan DPW LASQI Kabupaten Bima lebih baik lagi. Dan menyukseskan program pemerintah sesuai leading sektor lembaganya.

Usai kegiatan tersebut, Ketua DPW LASQI NTB menyerahkan secara simbolis bantuan paket untuk korban banjir di wilayah Kabupaten Bima kepada Ketua DPW LASQI Kabupaten Bima. Pelantikan ini turut dihadiri Kepala Kemenag Kabupaten Bima, pengurus DPW LASQI Provinsi NTB dan Kabupaten Bima.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here