NTB Kembali Gelar Pesona Khazanah Ramadhan 2021

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat meninjau stand UMKM di arena kegiatan Pesona Khazanah Ramadhan (PKR).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kegiatan tahunan Pesona Khazanah Ramadhan (PKR) sebagai agenda pariwisata NTB selama bulan Ramadhan, kembali digelar tahun ini. Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah membuka secara resmi, di Islamic Center NTB, pada Kamis (22/4).

Wagub mendukung PKR tahun 2021 untuk mendorong pelaku UMKM mengembangkan ekonomi kreatif sebagai inovasi dalam menghasilkan produk yang diminati pasar. ‘’Kegiatan Pesona Khazanah Ramadhan ini tidak hanya acara seremonial saja, namun dapat membawa dampak positif dalam meningkatkan inovasi dan kreativitas pelaku UMKM kita,’’ kata Wagub.

Sehingga produk yang dihasilkan disukai masyarakat lokal bahkan nasional. Tidak hanya itu, momentum ini juga dapat membawa dampak ekonomi bagi masyarakat. ‘’Apapun yang kita beli dan konsumsi sebisa mungkin adalah produk lokal, agar ekonomi bisa berputar di sekitar masyarakat NTB,’’ ujarnya.

Wagub juga menegaskan, bahwa hasil produk kuliner yang dipamer dan dijual pada Bazar Ramadhan kali ini, menggugah keinginan masyarakat membeli. Karena menurut Wagub, harus ditunjukkan keberpihakkan dan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal. ‘’Kalau bukan kita, siapa lagi yang membeli produk hasil karya UMKM local,’’ ucapnya.

Selain itu, Wagub juga tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, dalam mencegah menyebaran Covid-19. Sehingga masyarakat tetap hidup produktif dengan aman. Terus beraktivitas menjalani aktivitas untuk menggeliatkan roda ekonomi.

Diingatkanya juga, NTB terkenal dengan destinasi wisata yang menakjubkan. Bila mengunjungi tempat wisata, tetap menegakkan protokol kesehatan, menerapkan 3M seperti yang diimbau oleh pemerintah. ‘’Sehingga dipenghujung Ramadhan, ikhtiar kita untuk taat terhadap semua aturan, saat Idul Fitri menjadi kemenangan kita bersama,’’ katanya.

Mengusung tema ‘’Pengembangan Ekonomi Kreatif (Ekraf)’’, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, HL Moh Faozal menjelaskan kegiatan ini fokus memamerkan hasil kuliner dan produk lokal asli NTB. Pesona Khazanah Ramadahan ini juga  digelar dengan konsep hybrid, yaitu secara offline dan online di area Lapangan Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB. ‘’Mengingat Pandemi Covid-19, menerapkan prokes, kegiatan ini diikuti secara virtual juga oleh pegiat wisata dan desa-desa wisata di tempatnya,’’ kata Faozal.

Beberapa agenda kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan dalam Pesona Khazanah Ramadan 2021, kata Faozal, di antaranya yakni, Senin-Rabu (19-21/4) launcing PKR dan seminar pengembangan dan peningkatan Brand Halal Ekraf. Opening Ceremony pada Kamis (22/4), Creatif Hub Halal Bazar pada 22 April-1 Mei 2021, Temu Bisnis dan pelaku ekraf pada 24-25 April.

Selanjutnya, pada Kamis (29/4) Nuzulul Qur’an, Fasion Industri bersama Bank Indonesia (BI) dengan tagline ‘’Bangga Beli Buatan Indonesia’’ pada 1 Mei 2021, dan di ujung kegiatan ada Malam Takbiran. Tahun ini, event PKR bekerjasama dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) RI. Dan merupakan rangkaian kegiatan Karisma Event Nusantara (KEN) 2021. ‘’Terima kasih kepada Kemenpar dan pendukung acara lainnya,’’ ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, secara live Menteri Pariwisata Ekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan apresiasi terhadap gelaran Pesona Khazanah Ramadhan di Bumi Seribu Masjid. Di penghujung acara tersebut, Wagub melakukan pemukulan beduk secara simbolis sebagai tanda dibukanya event PKR dan dilanjutkan dengan peninjauan stand UMKM. Turut mendampingi Wagub, Asisten II Setda Provinsi NTB, Kadis Dikbud NTB, Kadis Perindustrian NTB, Kasat Pol PP NTB, Forkopimda NTB dan perwakilan Kemenpar Ekraf RI.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published.