Cek Kesiapan Pos Pengamanan Idul Fitri, Ini Kata Danrem 162/WB

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani didampingi Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama Forkopimda Provinsi NTB saat meninjau dan mengecek langsung kesiapan sejumlah pos di Pulau Lombok baik Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu Operasi Ketupat Rinjani 2021, pada Selasa (11/5).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Menjelang perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi, Forum Komunikasi Pimpin Daerah (Forkopimda) Provinsi NTB meninjau dan mengecek langsung kesiapan sejumlah pos di Pulau Lombok baik Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu Operasi Ketupat Rinjani 2021, pada Selasa (11/5).

Dalam kegiatan tersebut, Komandan Korem (Danrem) 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani bersama Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal; Sekda NTB, HL Gita Ariadi; Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Suratun; Danlanud ZAM, Kolonel Pnb Khairun Aslam serta Dirlantas, Dirsamapta dan Kabidpropam Polda NTB meninjau beberapa pos di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur seperti Pos Pelayanan Pelabuhan Lembar, Pos Terpadu Bandara ZAM dan Pos Pelayanan Kopang, Pos Pengamanan Jenggik dan Pos Pelayanan Pelabuhan Kayangan Lombok Timur.

Di sela-sela peninjauan, Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menjelaskan terkait dengan pengamanan Idul Fitri, jajaran TNI baik darat, laut maupun udara mendukung sepenuhnya pengamanan Idul Fitri 1442 Hijriah dan bersama Polda NTB kompak turun melakukan peninjauan serta pengecek kesiapan pos pengamanan maupun pos pelayanan yang tersebar di wilayah NTB, khususnya di Pulau Lombok.

‘’Pengamanan di pelabuhan di-back-up oleh Babinpotmar TNI AL, di Bandara oleh Babinpotdirga TNI AU dan mereka didampingi oleh Babinsa di wilayah masing-masing untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,’’ kata Danrem.

Selain itu, kata Danrem, jalur-jalur tikus maupun dermaga-dermaga kecil di wilayah perairan yang biasa digunakan sudah mulai dilakukan pemantauan dan pengawasan oleh Lanal Mataram untuk mengantisipasi adanya oknum masyarakat yang pulang kampung atau mudik menggunakan perahu kapal ataupun kendaraan laut lainnya. ‘’Jadi, kami melaksanakan operasi di beberapa titik baik yang berada di Lombok maupun di Sumbawa untuk mencegah penyebaran Covid-19,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan sampai saat ini, pos pengamanan dan pos pelayanan telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan melakukan kegiatan-kegiatan untuk mengantisipasi meningkatnya penyebaran Covid-19 dengan menertibkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. ‘’Dalam pengecekan dan peninjauan ini tidak hanya tim kami, ada juga tim Wakapolda NTB bersama Kasrem 162/WB dan Irwasda Polda NTB yang juga melakukan pengecekan seluruh pos yang ada,’’ kata Kapolda.

Untuk diketahui bersama, kata Kapolda, dalam pelaksanaan pengamanan Idul Fitri ini ada 38 Pospam dan Posyan yang tersebar di sudut-sudut kota dan perbatasan antar kabupaten/kota di Provinsi NTB yang bertujuan untuk mengantisipasi segala gangguan keamanan dan keselamatan masyarakat selain untuk mengurai kemacetan, keramaian, serta mengantisipasi gangguan Kamtibmas yang ada. Menurut penilaian mantan Kadiv Humas Polri itu, selama melaksanakan peninjauan secara umum sudah bagus dan terlihat sinergitas TNI, Polri dan Pemda luar biasa. Sehingga Kapolda merasa Pospam ini milik seluruh stakeholders sebagai bentuk tanggung jawab moral dalam melakukan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here