Honorer dan Nelayan Lotim Akan Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

432
bupati lotim
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy (kopiah putih) didampingi sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Lotim saat menerima Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Lotim, Akbar Ismail.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Tenaga honorer di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) dan para nelayan akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini sebagai salah satu bentuk perhatian dan komitmen Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy dalam memberikan perlindungan bagi seluruh tenaga honorer, utamanya yang rentan risiko kerja. Komitmen tersebut dilontarkan Bupati Sukiman saat menerima Kepala Cabang BPJS Ketenegakerjaan Kabupaten Lotim, Akbar Ismail, di Pendopo Bupati Lotim, Kamis (10/6).

Sebagai bukti dari komitmennya ini, Bupati Sukiman mendelegasikan Kepala BKPSDM Lotim untuk mendorong seluruh OPD agar mendaftarkan tenaga honorernya sebagai peserta BPJS Ketenegakerjaan. Sehingga diharapkan kepada seluruh OPD dalam waktu dekat ini dapat membuat perjanjian kerja sama (PKS) dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut Bupati Sukiman, BPJS Ketenagakerjaan ini memiliki manfaat yang besar, yaitu memberikan perlindungan atas risiko kerja kepada para pegawai honorer dengan premi yang ringan, sementara manfaat yang diperoleh cukup besar. ‘’Preminya ringan, tapi manfaatnya besar,’’ kata Bupati Sukiman.

Menyusul setelah itu, Pemkab Lotim juga berencana akan mengikutsertakan para nelayan di daerah ini sebagai peserta BPJS Ketenagekerjaan. Mengingat profesi nelayan yang tidak kalah rentannya. Karena itu, Bupati Sukiman meminta Kepala BPKAD yang turut hadir pada kesempatan tersebut, untuk menghitung kebutuhan anggaran premi bagi nelayan. ‘’Ini juga sebagai bentuk perlindungan dan upaya kita dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Lombok Timur, Akbar Ismail menyampaikan, pihaknya telah membayarkan tak kurang dari Rp11 miliar kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berdomisili di Lombok Timur. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp10 miliar dibayarkan untuk jaminan hari tua bagi 1.400 orang peserta. Dukungan dari Pemda Lombok Timur tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyarakat.(Kml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here