Susun RKBMN Tahun 2023, Ini yang Disampaikan Sekjen Kemenkumham

kemenkumham
Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi NTB, Haris Sukamto bersama Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham NTB, Saefur Rochim menghadiri kegiatan penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI tahun 2023 secara virtual, pada Rabu (16/6/2021).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham RI, Komjen Pol Andap Budhi Revianto menyampaikan bahwa perlunya menyatukan hati dan pikiran supaya dapat menyusun RKBMN Kemenkumham RI tahun 2023 dengan baik.

‘’Sesuai dengan arahan Pak Presiden RI Jokowi, bahwa realisasi APBN harus dapat dipertanggungjawabkan, dikelola dengan transparan dan sebaik-baiknya. Tata kelola aset harus baik, manajemennya harus baik, sasarannya harus tepat, dan dijalankan dengan prosedur yang sederhana dan ringkas melalui proses yang cepat dengan manfaat yang maksimal untuk rakyat,’’ kata Sekjen Kemenkumham RI, Komjen Pol Andap Budhi Revianto ketika membuka kegiatan penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN) Kemenkumham RI tahun 2023, pada Rabu (16/6/2021).

Menurutnya, RKBMN adalah kunci meningkatkan kualitas belanja pemerintah, sehingga dapat dipertanggungjawabkan. RKBMN merupakan integrasi perencanaan aset dan perencanaan anggaran untuk mengawal belanja modal secara utuh dan berkelanjutan. Controlling oleh setiap Kepala Satker juga sangat diperlukan guna mendeteksi adanya inefisiensi, duplikasi, atau pengulangan.

Karena melalui penyusunan RKBMN tahun 2023 di lingkungan Kemenkumham RI ini, diharapkan dapat menghasilkan pemetaan kebutuhan Belanja Milik Negara (BMN) yang akuntabel, efektif dan efisien pada unit kerja masing-masing. Sehingga dapat mendukung upaya pemerintah mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui belanja yang berkualitas.

Kegiatan penyusunan RKBMN Kemenkumham RI tahun 2023 ini sendiri diadakan oleh Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI. Pada kesempatan tersebut, Kepala Biro Pengelolaan BMN Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, Iwan Santoso mengutarakan bahwa penyusunan RKBMN harus dilakukan secara bertahap dan berjenjang mulai dari Satuan Kerja (Satker) ke Kanwil kemudian ke Unit Eselon I. Kegiatan Penyusunan RKBMN ini dimulai tanggal 14 Juli sampai 29 Juli 2021 mendatang.

Adapun kegiatan penyusunan RKBMN Kemenkumham RI tahun 2023 tersebut dihadiri pula oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi NTB, Haris Sukamto bersama Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham NTB, Saefur Rochim secara virtual.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here