Aksi Nyata IBI Lotim di Momen HUT ke-70, Ikut Andil Tekan Angka Stunting

2 minutes reading
Friday, 25 Jun 2021 21:26 0 381 Editor

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mengisi momen Hari Ulang Tahun IBI ke-70 yang jatuh pada tanggal 24 Juni 2021, diisi dengan berbagai kegiatan lomba dan kegiatan sosial yang diselenggarakan di masing-masing ranting.

Ketua IBI Cabang Lotim, Hj Rokhliana yang dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp (WA), pada Kamis (24/6) menjelaskan, dalam kegiatan sosial tingkat ranting, banyak sekali kegitaan yang dilaksankan langsung sasaran ke masyarakat dalam bentuk pelayanan primer yang berkaitan dengan upaya meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak, menurunkan kematian ibu dan bayi serta mencegah kejadian stunting sejak dini dari persiapan kehamilan mulai dari penyuluhan kesehatan remaja, pencegahan dan penanganan anemia, pely ibu hamil, melahirkan, nifas, bayi balita serta kesehatan reproduksi.

Kanit BP2KB Kecamatan Sakra Barat ini menyebutkan, HUT IBI ke-70 tahun ini mengusung tema ‘’Optimalisasi Peran Bidan pada Pelayanan KIA-KB dan Kesehatan Reproduksi dalam     Mendukung Penguatan Pelayanan Primer’’.

Mengacu pada tema itu katanya, pihak IBI mulai lebih ke arah  pembinaan anggota di ranting sebagai ujung tombak pelayanan pada fasilitas kesehatan dasar di PKM, Poskesdes, praktek mandiri bidan maupun klinik kesehatan lainnya dan selanjutnya anggota yang berada pada ranting rumah sakit sebagai pusat rujukan.

Secara khusus, kata bidan yang pernah mendapat predikat bidan tauladan nasional itu, agenda HUT IBi ke-70 ini memiliki tujuan, di antaranya; (1) Penguatan organisasi profesi melalui konsolidasi mulai dari tingkat pusat sampai daerah; (2) Meningkatkan rasa memiliki, kepedulian dan kecintaan anggota terhadap organisasi IBI untuk menguatkan persatuan bidan dalam wadah Ikatan Bidan Indonesia; (3) Peningkatan kapasitas bidan dalam memberikan pelayanan KIA-KB dan Kesehatan Reproduksi di era pandemi; (4) Optimalisasi peran bidan dalam mendukung penguatan pelayanan primer.

Ibu yang akrab disapa Bidan Ana ini menambahkan, semua rangkaian kegiatan HUT tahun ini, khusus di Lombok Timur, lebih kepada kegiatan yang mengarah kepada mendukung Pemkab Lombok Timur dalam upaya menekan angka stunting yang kini tengah gencar dilakukan. Terlebih katanya, Lombok Timur sebagai salah satu dari 100 kabupaten se-Indonesia masuk sebagai daerah percepatan penurunan angka stunting.

‘’Satu bulan ini full kami dari pengurus cabang turun ke semua ranting sebanyak 39 ranting yang tersebar di Puskesmas, Rumah Sakit dan institusi pendidikan. Semua anggota bidan mengisi kegiatan dengan semangat dan meriah sebagai bentuk kecintaan dan kebanggaan terhadap profesi bidan serta tanggung jawab profesi,’’ katanya.(Kml)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA