Wagub NTB: Layanan e-Samsat Autodebet Harus Diperkuat Eksekusinya

wagub ntb
Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah meminta layanan e-Samsat Autodebet ini untuk terus diperkuat eksekusi dan implementasinya dalam mewujudkan kesadaran Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk taat membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) demi tercapaian pembangunan NTB yang Gemilang.

‘’Karena saya sangat yakin kalau layanan ini dikawal betul eksekusi dan implementasinya, maka pembangunan yang kita harapkan akan segera terwujud dengan baik,’’ kata Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah saat melaunching pelaksanaan e-Samsat Autodebet ASN yang dirangkaikan dengan penandatanganan kesepakatan bersama tentang pembayaran PKB ASN lingkup Provinsi NTB dengan PT Bank NTB Syariah, di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB, pada Rabu (30/6).

Layanan e-Samsat Autodebet ini merupakan terobosan yang dikembangkan oleh Bappenda Provinsi NTB sebagai fasilitas pelayanan khusus yang diberikan kepada ASN yang bertujuan untuk mempermudah pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) lewat skema Autodebet, sehingga ASN tak perlu lagi antre membayar di Samsat. Karena pembayaran PKB cukup dilakukan lewat pemotongan tunjangan bulanan ASN bersangkutan.

Oleh karenanya, Wagub menegaskan, layanan e-Samsat Autodebet ini harus betul-betul bisa terimplementasi, mengevaluasi dan memonitoring dengan baik. Misalnya kalau kendaraan itu berpindah tangan seperti apa yang harus dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan, sehingga ada SOP-SOP yang harus diikuti oleh seluruh pegawai di lingkup Pemprov NTB.

‘’Mudah-mudahan kabupaten/kota dan lembaga vertikal di seluruh NTB untuk memanfaatkan layanan tersebut, sehingga secara keseluruhan layanan ini bisa terintegrasikan dengan baik,’’ ujarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *