TIK Berkembang Pesat, Pranata Komputer Dituntut Meningkatkan SDM

pranata komputer
Asisten II Setda Provinsi NTB, Muhammad Husni (tengah) didampingi Kadis Kominfotik NTB, Najamuddin Amy (paling kanan) saat Diskusi Forum Koordinasi Pejabat Fungsional Pranata Komputer lingkup Pemprov NTB, di Aula Gemilang Kantor Dinas Kominfotik NTB, Kamis (19/8/2021).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Dewasa ini, perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang pesat. Sehingga semua sektor kehidupan dituntut untuk terus mengikuti dan melakukan transformasi digital agar mampu memudahkan semua program pemerintah dan masyarakat maupun dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu aktivitas sehari-hari.

‘’Tetapi transformasi digital tidak hanya melihat aspek teknologi dan data saja, namun juga kapasitas sumber daya aparatur negara. Di sinilah peran strategis dan tanggung jawab pranata komputer,’’ kata Sekda NTB, HL Gita Ariadi yang diwakili Asisten II Setda Provinsi NTB, Muhammad Husni saat Diskusi Forum Koordinasi Pejabat Fungsional Pranata Komputer lingkup Pemprov NTB, di Aula Gemilang Kantor Dinas Kominfotik NTB, Kamis (19/8/2021).

Muhammad Husni lebih jauh menyampaikan bahwa pranata komputer merupakan kunci utama dalam menjalankan roadmap dan arsitektur teknologi informasi dan komunikasi pemerintah. Sehingga, pejabat fungsional pranata komputer diharapkan dapat memastikan transformasi digital berjalan lancar, selaras dengan rencana pembangunan daerah.

Melihat peran pranata komputer yang begitu strategis, maka dituntut untuk meningkatkan kapasitas keilmuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi komunikasi (TIK). Karena kemajuan era ini harus diimbangi juga dengan pengetahuan dan penguasaanya agar dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan cara yang terbaik.

‘’Pranata komputer harus mempunyai inisiatif untuk terus mengupgrade skill teknisnya melalui berbagai pelatihan, seminar, diskusi komunitas dan akan sangat bagus lagi jika bisa mendapatkan sertifikasi keahliannya,’’ kata Husni.

Selain itu, kemajuan TIK juga sedikit banyak memunculkan residu, acaman kejahatan siber seperti serangan virus, mallware, pencurian data pribadi, penipuan online dan sejenisnya. Oleh sebab itu, di sinilah kualitas pejabat fungsional pranata komputer harus mampu mengendalikan dan mengatasi berbagai ancaman siber tersebut.

‘’Pejabat fungsional pranata computer diharapkan agar terus berkarya dan meningkatkan kapasitasnya demi daerah dan negara,’’ ujar mantan Kadis ESDM Provinsi NTB ini.

Hal senada juga disampaikan Kadis Kominfotik Provinsi NTB, Najamuddin Amy. Najamuddin mengatakan bahwa peran pejabat fungsional pranata komputer ini sangat strategis di era digitalisasi saat ini. Karena kebutuhan akan TIK menyasar semua sektor dan komponen dalam sendi kehidupan.

Menurut mantan Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB ini bahwa revolusi industri 4.0 dan pandemi Covid-19 yang telah melanda hampir 2 (dua) tahun ini, menuntut percepatan proses transformasi digital di segala sektor dan aspek kehidupan.

‘’Disrupsi yang terjadi merubah cara kita bekerja, cara anak-anak kita belajar, cara kita bertransaksi yang sebelumnya dilakukan secara luring, berubah menjadi daring melalui teknologi informasi,’’ kata Najamuddin.

Secara nasional, percepatan transformasi digital dilaksanakan melalui Pengelolaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik dan Satu Data Indonesia. Hal ini sejalan dengan program unggulan NTB Gemilang yaitu SPBE NTB dan Satu Data NTB. ‘’Transformasi digital tersebut kita kawal juga di daerah kita dengan menerbitkan Perda No.3 tahun 2018 tentang Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Sistem Elektronik dan Peraturan Gubernur No.59 tahun 2019 tentang Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,’’ ujarnya.

Sehingga, sebagai leading sektor TIK di daerah, Najamuddin mengaku akan terus mengawal dan membangun komunikasi dengan pejabat fungsional pranata komputer lingkup Pemprov NTB untuk mengawal dan melakukan percepatan demi terwujudnya pembanguna daerah menuju NTB Gemilang.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here