Press Trip Forum Wartawan NTB: Publikasi Untuk Sinergi Pembangunan

Press Trip
Suasana Press Trip Forum Wartawan Pemprov NTB di Kantor Bupati Sumbawa Barat, Kamis (2/9/2021).

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Untuk meningkatkan inovasi dan cakrawala pemberitaan tentang program pembangunan di Provinsi NTB, Forum Wartawan Pemprov NTB menggelar Press Trip di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), pada Kamis (2/9/2021).

‘’Selama ini, Press Trip yang dilakukan teman-teman Pers selalu keluar daerah. Namun kegiatan kali ini dilakukan agar media dapat melihat sisi lain di daerahnya sendiri. Karena potensi daerah sangat banyak untuk diketahui dan dipublikasikan,’’ kata Kadis Kominfotik NTB, Najamuddin Amy, di ruang kerjanya setelah melepas keberangkatan Press Trip Forum Wartawan Pemprov NTB.

Termasuk program-program unggulan Pemprov NTB yang bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten/Kota se-NTB, sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk saling mendukung dan bersinergi.

‘’Itulah penting dan perlunya Press Trip di daerah sendiri, agar semua kabupaten/kota se-NTB dapat diketahui masyarakatnya sendiri bahkan dunia,’’ ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat, H.W Musyafirin menyambut baik kunjungan Press Trip yang dilakukan Forum Wartawan Pemprov NTB. Menurutnya, kehadiran pers sangat penting sebagai media publikasi program pembangunan yang ada di NTB maupun daerah.

Apalagi keberadaan KSB yang merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia yang berhasil menuntaskan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Bahkan, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah mengapresiasi capaian yang telah berhasil diraih oleh Pemerintah KSB.

‘’Ini juga sejalan dengan Program NTB Gemilang, NTB Sehat dan Cerdas, yang salah satunya Bebas BAB Sembarangan,’’ kata Bupati Sumbawa Barat, H.W Musyafirin ketika menerima kunjungan Forum Wartawan Pemprov NTB, di aula lantai III Kantor Bupati Sumbawa Barat.

Musyafirin juga menjelaskan program ini berhasil berkat dukungan Pemprov NTB, Pemerintah Pusat dan seluruh unsur di KSB. Prosesnya panjang, sejak tahun 2016 lalu sudah dibangun instrumen pendukung untuk menyuksekan program ini.

Beberapa program strategis lain juga dipaparkan, seperti; pembangunan bandara, bendungan, smelter hingga pengembangan destinasi wisata di KSB.

Selain itu, Musyafirin juga meminta agar peran media dalam mendukung setiap program pembangunan Pemda. ‘’Mampu mementingkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan lainnya,’’ ujarnya.

Pada saat yang sama, Ketua Forum Wartawan Pemprov NTB, Fahrul Mustafa menyampaikan kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Kominfotik NTB ini rutin dilaksanakan. Rencana kunjungan ke KSB sudah lama. Namun karena keadaan pandemi Covid-19 sempat tertunda.

Kunjungan ke KSB sangat penting, karena dengan publikasi media, program yang sudah diakui Nasional, dapat menjadi percontohan daerah lain di NTB bahkan provinsi tentang sanitasi nasional. ‘’Kami datang dengan menghadirkan 38 orang dari media nasional dan lokal se-NTB,’’ kata Fahrul.

Usai kunjungan dan silaturahmi bersama Bupati, Ketua DPRD KSB, Kepala BNN, Dandim, Kapolres, Sekda KSB dan unsur Forkopimda KSB, Press Trip dilanjutkan dengan kunjungan ke Pantai Balad di KSB dan silaturahmi dengan Kodim 1628/Sumbawa Barat yang diterima langsung oleh Dandim dan Kasrem. Usai dari Pantai Balad, rombongan Press Trip Forum Wartawan Pemprov NTB kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sumbawa.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here